5 Kesalahan Fatal Menulis Artikel Blog

February 16th, 2011 | by Penulis Artikel |

Blog adalah media multifungsi. Selain sebagai media untuk menyampaikan informasi pribadi, blog juga dapat digunakan sebagai media promosi bisnis online. Sebelum anda terjun ke dunia blogging, ada baiknya anda mengetahui kesalahan-kesalahan menulis artikel di blog yang sebaiknya anda hindari. Antara lain:

1. Judul Artikel yang Kurang Menarik

Judul artikel seharusnya anda buat semenarik mungkin untuk mampu memikat para pengunjung blog untuk membaca informasi yang ingin anda sampaikan pada artikel blog anda. Judul artikel yang menarik akan membuat pengunjung blog anda merasa perlu untuk membaca secara tuntas informasi yang anda sajikan. Untuk itu, keberhasilan pemilihan judul artikel merupakan salah satu komponen penting didalam dunia blogging.

1. Kesalahan Menentukan Segmentasi Pengunjung Blog

Sebelum menulis di blog, terlebih dahulu anda sebaiknya menentukan segmentasi pengunjung yang akan menjadi target pasar anda di internet. Apa pengujung anda adalah orang-orang yang sedang membutuhkan informasi mengenai kesehatan, pendidikan, ekonomi, seo, binsis online, ataupun yang lainnya. Semakin spesifik tema yang anda buat, akan semakin baik bagi pertumbuhan blog anda. Sehingga nantinya blog anda mampu mendatangkan pengunjung yang tertarget.

2. Terlalu Banyak Promosi

Terkadang kita dalam menulis blog, terlalu menjejali artikel kita dengan bahasa-bahasa promosi dan outbound link yang kurang proporsional sehingga mengganggu kenyamanan pembaca.

3. Subyektif

Sebelum menulis artikel, ada baiknya anda mengumpulkan sebanyak mungkin data- data mengenai topik artikel yang akan anda buat. Sehingga artikel yang anda buat bukan semata-mata merupakan persepsi anda sendiri, melainkan fakta yang dapat di pertanggungjawabkan. Sehingga tulisan anda menjadi lebih Obyektif.

4. Artikel Hasil Copy paste

Artikel hasil copy paste sudah pastinya merugikan pemilik content asli dan anda sendiri, karena artikel blog anda akan terlihat tidak profesional. Akan lebih baik jika anda membutuhkan tema yang sama untuk dituliskan di blog, anda melakukan rewrite artikel dengan menulis artikel dengan topik yang sama dan mengembangkan bahasan dengan sudut pandang anda sendiri.

Blog anda akan terlihat lebih profesional dengan memperhatikan poin-poin diatas. Happy Blogging.

Tags: , , ,

Share |