Berhati-Hati dengan Google Penguin

June 8th, 2012 | by Penulis Artikel |

Kini banyak sekali yang mendapatkan penghasilan sampingan atau bahkan penghasilan utama dari mengelola beberapa blog ataupun website. Baik pendapatan dari blog sebagai sarana peningkatan traffic ataupun sebagai media bisnis untuk pemasaran, kehadiran media online merupakan suatu perubahan yang menjanjikan. Hal utama yang sering membuat suatu situs dikunjungi adalah tentunya informasi yang dimuat di halaman tersebut. Para pengguna internet mencari suatu informasi dan pemilik situs menyediakannya berupa postingan. Yang sering menjadi masalah dalam penyediaan informasi di dunia maya adalah adanya pihak-pihak yang dengan mudahnya menyalin tulisan orang lain untuk dimuat di halaman pribadinya. Inilah salah satu dari beberapa faktor yang sedang ditertibkan oleh Google Penguin.

Jika anda tidak hati-hati dalam postingan anda, website anda akan dihapus dari SERP atau Search Engine Result Page (halaman hasil pencarian di Google) tanpa ada pemberitahuan apapun. Jika ini terjadi pada anda, anda harus segera memperbaiki postingan atau bahkan kalimat yang dianggap over-optimized atau terlalu bombastis untuk dapat ‘berbaikan’ dengan Google kembali. Hal ini berarti anda sebaiknya memasang postingan atau kalimat yang alami-alami saja, yang tidak akan mengurangi keunggulan blog anda. Dengan demikian, artikel anda tidak akan dianggap over-optimized. Keseriusan Google dalam membasmi spam di internet memang tidak main-main. Hal ini terbukti dari banyaknya website yang sudah masuk dalam karantinanya, lebih dari satu juta entri, hanya dalam waktu kurang lebih satu bulan sejak peluncurannya. Oleh sebab itu, betapapun kuatnya keinginan anda untuk meningkatkan rating ataupun marketing suatu produk, tetap jagalah kealamian konten situs anda.

Selain itu, Google pun menganggap jumlah kata kunci atau keyword yang berlebihan sebagai spam dan situs yang kontennya mengandung kepadatan keyword yang rapat akan terkena penalti juga. Jumlah kata kunci yang dianggap natural adalah kurang lebih 2 hingga 3 persen dari keseluruhan jumlah kata dalam satu artikel. Padahal yang selama ini terjadi adalah anggapan bahwa rating anda akan semakin tinggi kalau kata kuncinya rapat alias banyak. Kini sudah jelas dengan adanya pemantauan dari Google ini, para pemilik website dan blog harus makin berbenah jika tidak ingin situs miliknya ditutup. Dengan menggunakan Jasa Penulis, anda akan lebih terarah dalam penyajian konten dan isi konten akan lebih alami.

Tujuan inti dari diluncurkannya Google Penguin setelah Google Panda tidak lain adalah agar tidak ada website yang sekedar ‘parkir’ dengan iklan-iklan tanpa ada konten tambahan yang bernilai. Atau, kalaupun ada konten tambahannya, ternyata kedapatan konten hasil salinan dari situs lain dengan dibumbui iklan-iklan. Lebih jauh lagi, terutama dengan diluncurkannya Google Penguin, agar muatan konten-kontennya sarat dengan artikel bermutu dan bukan sekedar link ke situs lain untuk menigkatkan traffic di situs lain yang dituju. Hal-hal seperti ini dapat anda hindari dengan memanfaatkan Jasa Penulis.

Tags: ,

Share |