Bisnis MLM Oriflame Merajai Segmen Pasar Kecantikan

July 3rd, 2013 | by Penulis Artikel |

Bisnis MLM Oriflame merupakan salah satu bisnis penjualan langsung (direct selling) yang paling populer di Indonesia. Bisnis ini telah digeluti oleh nyaris semua kalangan dari berbagai rentang usia dan latar belakang, mulai dari mahasiswa, ibu rumah tangga, karyawan hingga pensiunan. Oriflame sendiri kini telah termasuk sebagai salah satu perusahaan produk kecantikan berkonsep penjualan langsung dengan keuntungan terbesar di dunia, dengan penjualan sebesar 1.5 Milyar Euro per tahun.  Di Indonesia, para pelaku penjualan (yang disebut konsultan) semakin bertambah jumlahnya setiap tahun, dan produk Oriflame pun mampu bersaing dengan produk-produk kecantikan buatan manufaktur ternama lain seperti Unilever dan Revlon.

Pertanyaannya, apakah rahasia Oriflame sehingga bisa merajai segmen pasar kecantikan, terutama yang diperdagangkan dengan teknik penjualan langsung?

Konsep Bisnis Oriflame

Sebagai perusahaan yang bergantung pada bisnis MLM, Oriflame menerapkan sistem bisnis dimana tiap konsultan dapat menikmati keuntungan langsung yang persentasenya cukup besar, yaitu 30 persen dari setiap penjualan. Keuntungan ekstra yang diperoleh konsultan pun bukan sekedar komisi serta diskon khusus jika mau membeli produk untuk dipakai sendiri, namun juga kesempatan mengikuti berbagai program pelatihan dan seminar yang gratis. Program-program ini diadakan cukup rutin sehingga dapat dianggap sebagai kesempatan untuk mengembangkan karir. Program dan seminar pelatihan ini telah menjadi acara rutin sehingga kini dilaksanakan di bawah konsep yang disebut Oriflame Academy. Inilah yang menjadi salah satu kekuatan Oriflame dalam mempertahankan konsultannya, yaitu dengan cara memberikan kesempatan meraih pencapaian yang sama dengan jika anda mengejar jenjang karir di perusahaan.

Daya tarik lain dari bisnis Oriflame adalah program bonus uang tunai (cash bonus) yang diberikan kepada yang sudah berstatus manajer dan memiliki tim konsultan. Bonus ini dibuat meningkat secara bertahap ketika seorang manajer berhasil mempertahankan pencapaian keuntungannya, sehingga semakin memperkuat prinsip keseimbangan antara kerja keras dan keuntungan yang didapat (sesuatu yang biasanya tidak digembar-gemborkan oleh iklan-iklan bisnis MLM).

Produk Oriflame

Keunggulan lain bisnis MLM Oriflame adalah adanya diversifikasi produk yang cukup luas. Dari segi produk, Oriflame memiliki pilihan produk perawatan kulit dan rambut, kosmetik, minyak wangi, aksesoris dan peralatan kecantikan serta minuman bubuk untuk diet. Sedangkan dari segi sasaran konsumen, Oriflame memiliki produk untuk pria dan wanita, serta produk kecantikan untuk remaja hingga wanita berusia di atas 40 tahun. Pilihan produk yang luas ini memberikan banyak peluang bagi seorang konsultan untuk menawarkan produk ke segmen pelanggan yang beragam. Selain itu, Oriflame selalu mengeluarkan produk baru setiap tahun sekaligus memperbaharui katalognya, sehingga memberikan kesan segar dan inovatif kepada pelanggan.

Berbagai produk bisnis MLM mungkin menjamur di Indonesia, namun Oriflame nampaknya akan tetap menjadi salah satu pemain unggulan karena keragaman produk, konsep bisnis yang jelas dan etis, serta adanya kesempatan pengembangan diri bagi pelakunya.

Demikian contoh artikel bisnis untuk bisnis MLM Oriflame, Anda ingin memilikin artikel seperti ini untuk meningkatkan SEO website Anda? Silahkan hubungi kami jasa penulisan artikel, SEKARANG!

Tags: , , , , , , ,

Share |

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Hei Kak, Ada yang bisa kami bantu?