Bisnis Waralaba dengan Modal Kecil

December 30th, 2012 | by Penulis Artikel |

Jika kita membicarakan tentang bisnis tentu saja banyak hal yang bisa kita ungkapkan. Bisnis bisa memberikan kita pendapatan dan dari bisnis pula kita bisa mengalami kerugian. Seperti halnya saat ini banyak orang membicarakan tentang bisnis waralaba yang katanya menguntungkan dan mudah dijalankan. Banyak orang yang menjalakankan bisnis waralaba ini karena dengan modal kecil saja mereka bisa menjual sendiri produk dengan merek terkenal yang sudah dikenal banyak orang. Bisnis waralaba ini memiliki kejelasan usaha dan bagi anda yang belum bisa akan mendapatkan pelatihan gratis sampai anda benar-benar bisa menjalankannya. Bisnis waralaba ini juga menawarkan kemudahan dengan adaanya konsultasi gratis dari penyedia waralaba kepada anggotanya yang mengalami masalah operasional.

Bisnis waralaba merupakan bisnis dimana seseorang bisa membeli hak pada perusahaan tertentu untuk menjual sendiri produk atau jasa yang disediakan perusahaan dengan modal yang telah disepakati. Perusahaan yang menjual hak penjualan produk tersebut telah menata dan mengatur model bisnis yang akan dilaksanakan. Modal yang dikeluarkan pada bisnis waralaba ini tidaklah besar. Anda yang memiliki modal kecil dan tidak memiliki keahlian pun juga bisa bergabung menjalankan bisnis ini. Pada dasarnya bisnis waralaba memberikan kemudahan kepada anggota yang bergabung dengan pemberian berbagai fasilitas pendukung operasional produk. Bisnis ini awalnya merupakan keberhasilan dari seseorang sehingga dia ingin menyalurkan keberhasilannya kepada orang lain dengan cara menjual merek atau produk tersebut. Selanjutnya orang bisa membeli waralaba dengan sejumlah uang kepada seseorang yang sukses.

Bila anda membeli waralaba, anda akan menjual produk dibawah nama dan sistem yang sama, selain itu anda juga mendapatkan pelatihan tentang produk yang akan anda jual. Keuntungan lainnya dengan bergabung pada bisnis waralaba ini karena semua hal tentang operasional penjualan produk telah disediakan oleh pemilik merek waralaba tersebut. Semua perlengkapan untuk penjualan telah disediakan sehingga anda hanya menjalankan bisnis tersebut tanpa harus membeli perlengkapannya. Bisnis ini bisa menekan biaya promosi karena jaringan yang luas sehingga masyarakat sudah mengenal produk yang akan anda jual. Memang banyak keuntungan dengan bisnis waralaba ini namun semua bisnis tidak akan berjalan semulus yang dipikirkan sehingga sebelum anda memutuskan menjalankan bisnis waralaba ini ada baiknya anda mempertimbangkan beberapa hal seperti dibawah ini:

  • Kemampuan anda

Walaupun banyak orang mengatakan bisnis waralaba dengan merek A itu cepat menghasilkan banyak uang, namun belum tentu juga waralaba produk A cocok bagi anda. Sebelum memutuskan merek waralaba tersebut, pertimbangkan apakah anda mampu untuk menjalankan bisnis itu. Kemampuan masing-masing orang berbeda sehingga anda bisa mengukur kemampuan anda untuk memilih bisnis waralaba yang tepat.

  • Konsumen

Banyaknya waralaba yang menawarkan keuntungan besar membuat banyak orang salah memilih waralaba yang benar-benar menguntungkan. Sebelumnya anda harus mengetahui seberapa banyak konsumen yang menyukai merek waralaba tersebut. Jika peminatnya banyak anda bisa memilihnya namun jika sedikit carilah waralaba dengan merek yang digemari banyak orang.

  • Lokasi pemasaran

Anda juga harus menentukan lokasi pemasaran untuk bisnis waralaba ini. Jika dalam satu lokasi ada lebih dari satu pesaing sebaiknya anda mencari lokasi lain yang tidak ada pesaingnya.

  • Memilih pemilik waralaba yang tepat

Hati-hati dengan tawaran bisnis waralaba saat ini karena tidak semua bisnis waralaba itu menguntungkan anda. Untuk menghindari hal tersebut, anda bisa memilih pemilik waralaba yang benar-benar tepat dan banyak orang yang sukses bergabung dengan pemilik waralaba tersebut.

Tags: , , ,

Share |