Cabang Olahraga untuk Perlombaan di Indonesia

December 31st, 2012 | by Penulis Artikel |

Olahraga merupakan kegiatan yang menyehatkan tubuh anda namun tak semua orang menyukai olahraga. Kadang aktivitas kerja yang tinggi inilah yang menjadi penghalanng mereka untuk berolahraga. Olahraga bukan hanya untuk kesehatan namun olahraga juga bisa dilombakan. Cabang olahraga tertentu bisa untuk perlombaan baik dalam negeri maupun luar negeri. Perlombaan untuk beberapa olahraga ini bukan hanya untuk mendapatkan uang namun bisa membawa nama baik suatu wilayah bahkan bangsa. Banyak perlombaan yang digelar untuk beberapa cabang olahraga baik perlombaan nasional maupun internasional. Negara kita masih minim atlet olahraga sehingga ketika ada perlombaan olahraga internasional hanya bisa mengirim beberapa olahraga saja.

Cabang olahraga yang sering di ikuti Indonesia untuk olimpiade seperti senam, taekwondo, volley, balap sepeda, tennis, badminton, lari, renang, dan beberapa cabang olahraga lainnya. Banyaknya olahraga yang dilombaan tersebut tidak seimbang dengan banyaknya atlet Indonesia yang bisa dikirim pada olimpiade. Hal ini karena kurangnya kesadaran generasi muda akan pentingnya olahraga untuk mengharumkan nama bangsa. Indonesia sendiri hanya mengikuti beberapa cabang olahraga untuk olimpiade tersebut. Beberapa cabang olahraga yang di ikuti Indonesia untuk olimpiade diantaranya:

• Bulutangkis

Cabang olahraga ini sering dilombakan dan Indonesia selalu mengirimkan pemain terbaiknya untuk mengikuti salah satu perlombaan olimpiade ini. Bulutangkis merupakan olahraga yang sering dilakukan banyak orang dan Indonesia memiliki beberapa atlet. Cabang olahraga ini pertama kali dilombakan pada tahun 1992. Pertandingan ini terdiri dari tiga set.Cabang olahraga bulu tangkis pada ajang olimpiade terdiri dari lima babak diantaranya babak tunggal putra dan ganda, putra, tunggal putri dan ganda putri serta ganda campuran.

• Panahan

Panahan merupakan olahraga yang menggunakan bususr panah untuk menembakkan anak panah. Indonesia selalu mengirimkan atlet panah untuk mengikuti perlombaan olimpiade ini.

• Angkat besi

Angkat besi merupakan olahraga yang dilombakan dalam olimpiade yang hanya dengan mengangkat barbell dari lantai ke atas kepala. Olahraga ini menuntut kecepatan tenaga, konsentrasi dan teknik yang tepat. Dulunya olahraga ini hanya diikuti oleh pria saja namun sejak tahun 2000 lalu olahraga ini diikuti oleh wanita.

• Atletik

Atletik merupakan gabungan dari beberapa olahraga dunia yang terdiri dari lari, lompat dan lempar. Olahraga ini merupakan olahraga yang pertama diikutkan dalam olimpiade..

• Renang

Renang merupakan cabang olahraga yang selalu diikuti Indonesia dalam perlombaan antar Negara atau olimpiade. Olahraga ini melombakan kecepatan atlet dalam berenang. Beberapa gaya renang yang dilombakan diantaranya gaya kupu-kupu, gaya dada, gaya punggung, dan gaya bebas. Semakin cepat atlet berenang semakin besar pula mereka berkesempatan memenagkan perlombaan.

• Anggar

Olahraga ini memerlukan kelincahan tangan atlet dalam menangkis, menusuk dan memotong senjata lawan.

Tags: , , , ,

Share |