Cara Membuat Makanan Bayi Bergizi dari Buah

December 29th, 2012 | by Penulis Artikel |

Air susu ibu yang merupakan sumber nutrisi terbaik bayi sudah selayaknya didampingi dengan makanan pendamping setelah bayi berusia 6 bulan. Selain sebagai penambah gizi anak, makanan ini juga melatih anak usia bayi untuk memakan makanan padat dan mulai membiasakannya dengan tekstur serta rasa makanan yang lebih beragam. Bubur bayi dalam kemasan yang dijual di toko-toko biasanya merupakan pilihan yang cukup praktis, tetapi bagaimana jika anda memberikan makanan pendamping ASI yang dibuat dari bahan-bahan alami seperti buah segar? Selain tentunya sehat, makanan ini juga dapat membuat bayi terbiasa dengan tekstur dan rasa alami dari makanan segar sehingga akan mudah membiasakan mereka memakan makanan segar ketika sudah lebih besar; banyak kasus anak yang susah makan dan hanya menyukai makanan instan karena jarang dibiasakan memakan makanan segar dengan rasa alami sejak bayi. Jadi, selain sudah pasti sehat, membuat makanan bayi dari bahan-bahan segar adalah investasi pendidikan dan kesehatan untuk mengajarkan anak anda memakan makanan sehat sejak dini.

Makanan pendamping ASI dari buah ini sangat mudah dibuat dan bahan-bahannya sangat sederhana. Berikut adalah cara praktis untuk membuat makanan bayi bergizi dari buah-buahan dan bahan segar lain sebagai makanan pendamping ASI:

1. Pilihlah jenis buah yang tepat untuk makanan pertama bayi anda. Buah-buahan yang cocok adalah yang memiliki tekstur lembut, tidak berkeriput atau memiliki daging yang bercampur dengan biji, berasa manis alami dan sudah matang (jangan sampai agak mentah atau sudah menunjukkan tanda-tanda kebusukan walau sedikit). Pisang atau pepaya adalah pilihan yang baik dan mudah didapat.

2. Setelah buah dikupas, cucilah di bawah air mengalir, tetapi jangan terlalu lama. Jangan lupa membuang semua elemen yang tidak bisa dimakan seperti serpihan kulit dan biji.

3. Potong-potong buah dan masukkan ke dalam blender dengan dicampur air matang untuk membuat bubur. Untuk makanan pertama, sebaiknya anda membuatnya sehalus mungkin tanpa sedikitpun serpihan. Jika anda ingin menambah kandungan nutrisi makanan bayi ini, tambahkan beberapa bahan seperti kacang hijau atau kacang merah yang sudah direbus sampai lunak dan bahkan sedikit cacahan wortel yang juga sudah direbus.

4. Makanan pendamping ASI siap disajikan. Ingat, jangan sedikitpun membubuhkan gula ke dalam makanan pendamping ASI ini, terutama karena pisang maupun pepaya sudah memiliki rasa manis alami yang cukup lezat bagi bayi. Selain menggagalkan tujuan memperkenalkan anak anda dengan rasa alami makanan segar, penambahan gula yang terlalu dini juga dapat menimbulkan resiko obesitas. Jika anda membuat makanan pendamping ASI, sesuaikan juga teksturnya dengan usia dan pertumbuhan gigi bayi. Ketika gigi bayi anda nampak sudah mulai tumbuh, anda bisa membuat makanannya menjadi sedikit memiliki tekstur (tetapi tetap lembut). Gunakan bahan-bahan yang makin bervariasi untuk menambah gizi anak seiring pertumbuhannya, misalnya bubur beras putih atau beras merah dengan sayuran dan kaldu ayam yang ditim.

Tags: ,

Share |