Cara Memilih Makanan Sehat

December 30th, 2012 | by Penulis Artikel |

Bila kita berbicara tentang makanan tentu yang anda dibenar kita adalah makanan enak. Makanan enak sebenarnya tidak semua makanan enak itu sehat. Penelitian membuktikan bahwa makanan enak yang cepat saji memiliki kecenderungan tidak baik bagi kesehatan kita. Bila kita hanya asal suka dan memilih rasanya enak saja, kita tidak tahu apa yang akan terjadi pada kesehatan kita nantinya akibat makanan tersebut. Memilih makanan sehat itu mudah namun anda sendiri yang sulit menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Karena kesibukan anda bekerja sehingga asal-asalan memilih makanan. Makanan sehat sangat diperlukan tubuh untuk kegiatan kita sehari-hari. Jika makanan yang kita makan tidak sehat, pencernaan akan terganggu sehingga bagian tubuh lainnya juga akan mengalami masalah.

Makanan sehat adalah makanan yang mengandung zat penting yang dibutuhkan tubuh. Zat ini kemudian membantu proses didalam tubuh agar organ-organ tubuh bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Makanan sehat mengandung unsur karbohidrat, vitamin, protein, mineral, kalsium, dan zat-zat lainnya yang dibutuhkan tubuh. Beberapa makanan sehat yang bisa anda konsumsi adalah:

  • Brokoli

Brokoli mengandung mineral, vitamin, dan karbohidrat yang baik bagi tubuh, rendah lemak namun tinggi akan kalsium. Bagi ibu hamil brokoli sangat dibutuhkan karena kandungan folatnya merupakan vitamin yang sangat dibutuhkan ibu hamil dan jamin. Selain itu brokoli juga mengandung vitamin C tinggi jika dibandingkan dengan makanan sehat lainnya. Kandungan kalsiumnya juga cukup tinggi hampir sama dengan kandungan satu gelas susu.

  • Beras merah

Beras merah lebih mudah dicerna daripada beras putih sehingga banyak dipilih orang untuk membantu proses penurunan berat badan. Beras merah mengandung antioksidan tinggi yang baik bagi tubuh. Beras merah mengandung mineral yang tingi, selenium, niasin , mangan , dan serat yang tinggi. Kandungan selenium pada beras merah bisa menetralkan racun pada tubuh. Kandungan niasin tersebut berfungsi untuk meningkatkan kadar nitrad oksida. Serat yang tinggi pada makanan sehat ini bisa dimanfaatkan untuk program diet.

  • Coklat

Dibalik rasanya yang enak coklat ternyata adalah makanan sehat bagi tubuh kita. Coklat mengandung flavonoid yang baik bagi jantung dan juga bisa menghilangkan rasa stress anda.

  • Daging

Walaupun daging dikatakan mengandung lemak, namun tidak semua daging mengandung lemak jahat. Sebenarnya daging mengandung lemak tak jenuh. Anda bisa mengkonsumsi daging ayam, daging sapi, ikan dan daging kalkun. Daging mengandung sumber protein hewani yang baik bagi tubuh.

  • Almond

Almod mengandung protein, vitamin dan mineral serta antioksidan tinggi, serat dan lemak tak jenuh. Konsumsi makanan sehat ini dapat mengurangi resiko penyakit jantung.

  • Apel

Buah apel bukan hanya segar dan enak dimakan tapi makanan ini ternyata sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Apel mengandung vitamin A, B1, B2, mineral, dan vitamin C.  Selain itu apel juga kaya akan serat, tanin dan fitokimia. Kandungan tannin pada apel mampu menyegarkan mulut dan mencegah kerusakan gigi serta gusi. Sedangkan fitokimia pada apel mampu menangkal radikal bebas akibat lingkungan sekitar.

  • Anggur

Anggur mengandung karbohidrat, vitamin, kalsium ,dan serat makanan. Konsumsi anggur bisa menyehatkan tubuh dan mencegah penyakit asma.

Beberapa makanan sehat diatas bisa anda konsumsi setiap hari disamping sayuran dan makanan pendukung lainnya. Konsumsi makanan sehat setiap hari membantu melancarkan metabolisme tubuh dan memudahkan aktivitas kita. Bila kesehatan terjaga, aktivitas apapun akan mudah dijalankan.

Tags: , , , ,

Share |