Cara Menghilangkan Jerawat dengan Madu

December 29th, 2012 | by Penulis Artikel |

Jerawat adalah kondisi kulit yang menurunkan rasa percaya diri dan mengganggu penampilan, terutama jika jerawat tersebut besar, menyebar di beberapa tempat atau sering sekali muncul. Plus, jerawat yang sangat parah biasanya datang disertai rasa nyeri sehingga rasanya cukup mengganggu. Hal ini menyebabkan baik pria maupun wanita yang berjerawat gigih mencari cara menghilangkan jerawat yang paling efektif untuk kondisi mereka. Selain obat jerawat dan sabun khusus buatan pabrik, ternyata banyak juga bahan-bahan alami yang memiliki khasiat menyembuhkan jerawat, khususnya yang memiliki khasiat anti bakteri seperti madu. Sebagai zat makanan yang sering diresepkan untuk obat serta perawatan kulit, madu sangat praktis dan cukup ampuh dijadikan sebagai obat jerawat serta dapat dikombinasikan dengan bahan-bahan lain untuk menyesuaikan dengan jenis kulit dan masalah jerawat yang berbeda.

Berikut ini adalah cara menghilangkan jerawat dengan menggunakan beberapa kombinasi madu dan berbagai bahan yang bisa anda temukan di rumah anda. Silahkan gunakan cara-cara ini jika anda mengalami masalah jerawat yang lumayan parah namun belum ingin beralih ke paket perawatan wajah berjerawat buatan pabrik.

Madu dan Air Garam

Kedua campuran ini bekerja berdampingan dalam hal mempercepat penyembuhan jerawat; air garam mengeringkan nanah sementara madu membunuh bakteri pada jerawat sekaligus memperlunak efek kerja air garam pada kulit. Caranya, campurkan sesendok makan garam ke dalam segelas kecil air hangat. Aduk rata lalu aplikasikan ke daerah yang berjerawat dengan kapas wajah. Kemudian, oleskan madu ke titik-titik jerawat menggunakan kapas telinga. Diamkan 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

Madu dan Yogurt

Membuat masker wajah dari madu dan yogurt adalah cara menghilangkan jerawat yang cenderung memerah dan meradang. Caranya mudah yaitu tinggal mencampurkan madu dan yogurt tawar sedemikian rupa hingga membentuk pasta yang bisa diaplikasikan sebagai masker. Oleskan ke wajah, diamkan 30 menit lalu bilas dengan air hangat. Jangan sampai menggunakan yogurt yang mengandung gula dan perasa.

Madu dan Oatmeal

Jika anda memiliki kulit berminyak dan berjerawat, madu dan oatmeal adalah bahan campuran obat jerawat yang cocok; tidak hanya membunuh bakteri, campuran ini juga dapat menyerap minyak berlebih sekaligus mengencangkan kulit wajah jika digunakan secara teratur. Caranya, campurkan bubur oatmeal yang dimasak dengan air hangat dengan seperempat cangkir kecil madu lalu aduk sampai rata. Oleskan langsung di wajah dan tunggu paling tidak 10 menit sebelum dibilas dengan air hangat. Jika anda ingin masker ini berfungsi sebagai scrub wajah, campurkan sesendok makan madu dengan sesendok makan bubuk oatmeal, sesendok makan kacang almond yang sudah diremuk sampai halus dan setets air perasan jeruk nipis.

Madu dan Susu

Campuran madu dan susu yang diaplikasikan dengan handuk basah adalah cara menghilangkan jerawat sekaligus mengurangi kemungkinan munculnya bekas-bekas jerawat yang menghitam. Caranya, hangatkan setengah gelas susu putih cair lalu campurkan sesendok teh madu dan langsung aplikasikan ke wajah dengan handuk kecil. Tunggu sampai 10 menit sebelum dibilas; kulit akan terasa halus, jerawat cepat menghilang dan bekasnya pun tidak akan terlalu kelihatan lagi.

Madu dan Kayu Manis

Jika anda punya bubuk kayu manis di rumah, anda bisa memanfaatkannya sebagai obat jerawat yang fungsinya mempercepat hilangnya noda-noda jerawat setelah jerawat tersebut pecah. Caranya, campurkan tiga sendok makan madu dengan sesendok teh bubuk kayu manis lalu langsung oleskan ke noda-noda jerawat sebelum tidur. Bilas dengan air hangat setelah bangun.

 

Tags: , ,

Share |

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Hei Kak, Ada yang bisa kami bantu?