Cara Mudah Meningkatkan Penjualan Produk

December 30th, 2012 | by Penulis Artikel |

Jika anda harus mengalami kerugian pada perusahaan apa yang pertama kali anda perbaiki agar anda tidak megalami kerugian yang fatal? Pertama kali yang dipikirkan adalah penjualan produk tersebut agar laba yang diharapka benar-benar bisa terealisasi. Karena laba yang besar modal akan bertambah, pertambahan modal menjadi alat untuk melakukan produksi dan kelancaran perusahaan dalam hal produksi. Meningkatkan penjualan produk adalah kunci dari keberhasilan suatu perusahaan sehingga perusahaan harus mampu memasarkan produknya dalah jumlah yang besar. Meningkatkan penjualan produk pada intinya bukanlah hal yang mudah, semua aspek perusahaan harus ditata bukan hanya mengandalkan satu atau dua orang saja. Bila penjualan produk berada pada titik terendah dan biaya produksi tetap atau meningkat, laba perusahaan akan menurun dan modal tidak bisa diputar dengan lancar. Lama kelamaan modal akan berkurang bahkan habis karena untuk menutupi biaya-biaya produksi yang ditimbulkan.

Meningkatkan penjualan produk pada perusahaan merupakan cara untuk mendapatkan banyak konsumen atau pelanggan. Bila pelanggan anda banyak, produk berapapun yang dipasarkan akan mudah terjual, namun bila anda hanya memiliki beberapa konsumen, anda memproduksi barang dalam jumlah kecil saja produk akan sulit dipasarkan. Inilah yang menjadi kendala banyak perusahaan sehingga mereka perlu cara untuk meningkatkan penjualan produk. Berikut beberapa cara untuk meningkatkan penjualan produk perusahaan anda:

• Selera konsumen

Anda tahu keinginan konsumen dan anda ingin memberikan yang terbaik bagi mereka. Inilah hal penting sebelum anda memproduksi produk yang akan anda pasarkan. Keinginan konsumen atau selera konsumen menjadi hal utama bagi produk anda. Jika produk yang anda produksi benar-benar diinginkan konsumen, konsumen akan membeli produk tersebut walaupun harganya mahal.

• Kwalitas produk

Untuk meningkatakan penjualan produk, anda harus mampu menyajikan produk dengan kwalitas yang bagus. Kwalitas menjadi hal utama bagi produksi agar konsumen benar-benar puas. Bila kwalitas produk baik konsumen tidak akan kecewa. Kekecewaan konsumen akan merusak citra perusahaan anda. Bila ternyata kwalitas produk yang nada pasarkan kurang baik, anda bisa memperbaiki kwalitas tersebut agar konsumen tidak kecewa lagi.

• Harga

Bila anda ingin meluncurkan produk dipasaran, lihatlah dulu harga produk yang sama dipasaran. Anda tidak bisa mematok harga yang terlalu mahal untuk produk yang saja karena konsumen cenderung memilih harga produk yang sama dengan harga serendah-rendahnya dan dengan kwalitas yang baik. Anda bisa melalukan banding dipasaran bagaimana anda memberikan harga pada produk anda agar konsumen tetap membeli produk tersebut.

• Market

Pilihlah pasar untuk memasarkan produk anda yang hanya terdapat beberapa pesaing saja atau bahkan tidak memiliki pesaing. Jika persaingan pasa pasar tersebut kecil persentase penjualan produk anda akan semakin besar demikian juga sebaliknya.

• Promosi

Promosi ini bisa anda lakukan dengan mengikuti beberapa pameran produk atau pameran lainnya agar produk ada semakin dikenal masyarakat. Anda bisa membuat beberapa reklame atau brosur tentang produk anda untuk disebarkan pada masyarakat.

• Penjualan online

Meningkatkan penjalan produk dengan cara online ini kiranya menjadi pilihan banyak orang untuk meningkatkan profit mereka. Penjualan secara online memiliki banyak keuntungan dan kemudahan. Bila dibandingkan dengan penjualan langsung, penjualan secara online lebih cepat dan tepat sasaran dan anda bisa menjangkau semua lapisan masyarakat dimana saja. Penjalan secara online lebih murah biayanya. Anda bisa melakukan promosi dan penjualan secara online dimana saja dan kapan saja.

Tags: , , , , , , , ,

Share |