Cegah Bencana Alam dengan Program Menanam Sejuta Pohon

December 30th, 2012 | by Penulis Artikel |

Bila kita berbicara tentang bencana alam tentu sangat menakutkan apalagi kalau lingkungan kita berpotensi mengalami hal tersebut. Kondisi lingkungan yang rusak sering menjadi incaran bencana alam namun tidak banyak orang yang peduli dengan kondisi lingkungan mereka. Bencana alam tidak semuanya karena alam tersbeut namun juga bisa diakibatkan oleh ulah manusia. Bencana alam bisa menimbulkan kerusakan lingkungan, hilangnya harta benda serta kematian. Banyak daerah di Negara kita yang sering mengalami bencana alam seperti banjir atau tanah longsor dan semua itu menimbulkan kerugian financial dan kematian yang tidak sedikit. Selain nyawa dan harta kerusakan lingkungan yang tidak diatasi akan merugikan Negara kita karena kekayaan alam semakin lama semakin menipis.

Bencana alam seperti banjir dan tanah longsor merupakan gejala alam yang tidak 100% akibat alam. Alam menydiakan berbagai macam kekayaan yang bisa dimanfaatkan manusia untuk kelangsungan hidupnya. Bila alam dan manusi bersahabat tentu saja sumber ekonomi dari alam tersebut bisa dimanfaatkan dengan baik. Namun ketika alam tidak bersahabat, kekayaan yang disimpan di alam tersebut akan musnah dan manusia tidak dapat memanfaatkanya. Banjir salah satu akibat kerusakan alam yang sering melanda negara kita. Hampir semua daerah di Indonesia sering dilanda banjir bila musim hujan. Demikian juga dengan tanah longsor yang terjadi karena banyaknya pohon dilereng gunung ditebang. Kurangnya kesadaran manusia untuk menjaga alam dan hutan inilah yang menjadi latar dari penebangan hutan secara liar.

Banjir terjadi karena keadaan sungai sebagai penampung air tidak mampu menampung air saat terjadi hujan sehingga air meluap dan membanjiri daerah sekitarnya. Banjir juga disebabkan oleh adanya penggundulan hutan oleh ulah manusia yang tidak bertanggung jawab. Akibatnya jika terjadi banjir terus menerus tanah akan tergerus oleh air dan terjadilah longsor. Banyak daerah di Indonesia yang memiliki tanah dengan daya serap air yang buruk sehingga potensi tanah longsor sangat besar. Lama-kelamaan bencana alam ini menimbulkan kerusakan lingkungan yang fatal bahkan nyawa dan harta bisa hilang. Sangat mengerikan bila hal ini terjadi berulang-ulang dan kekayaan alam akan hilang sia-sia. Untuk mengatasi bencana alam tersebut berikut beberapa hal yang bisa kita lakukan:

• Saluran air yang baik

Saluran air yang baik bisa mencegah terjadinya banjir karena air hujan bisa mengalir dan tidak tersumbat. Aliran air yang tersumbat biasanya karena pembuangan sampah yang sembarangan dan tidak terkendali. Sampah yang bisa dibakar seharusnya tidak dibuang di aliran air seperti sungai atau selokan. Sampah seperti plastik, barang-barang bekas yang tidak terpakai yang dibuang di saluran air lama-lama menumpuk dan menggangu aliran air, ketika banjir saluran air tidak bisa menampung banyaknya air sehingga meluap dan menggenangi wilayah disekitarnya.

• Pembangunan kanal sungai

Kanal-kanal sungai bisa menampung air saat hujan deras sehingga banjir bisa dicegah.

• Stop penebangan hutan liar

Mengurangi penebangan hutan secara liar bisa mencegah bencana alam seperti banjir atau tanah longsor.

• Menanam sejuta pohon

Bila memang kondisi tanah atau hutan sudah gundul dan pohon sudah banyak yang ditebangi, kita bisa menanam pohon kembali untuk mencegah tanah longsor. Penanaman pohon di hutan dan daerah rawan banjir sangat tepat sehingga pemerintah dan segenap masyarakat bisa bekerjasama untuk mewujudkannya. Saat ini banyak cara untuk mengembalikan keadaan hutan yang gundul. Berbagai program penanaman pohon sudah dicanangkan pemerintah sehingga kita harus mendukung dan ikut mensukseskannya.

Tags: , ,

Share |