Ide Dekorasi untuk Rumah Minimalis Modern

December 29th, 2012 | by Penulis Artikel |

Rumah modern minimalis merupakan jenis rumah yang banyak dipilih oleh eksekutif muda serta keluarga urban karena beberapa alasan; dekorasinya berkesan bersih dan tidak sesak, memiliki kesan modern serta relatif lebih diminati di lingkungan perkotaan sebagai properti. Plus, rumah modern yang bergaya minimalis biasanya mudah untuk dipadu-padankan dengan jenis dekorasi dan gaya pribadi apapun, sehingga kesempatan berkreasi pun lebih besar. Selain aspek dekorasi dari benda-benda hias, anda bisa memanfaatkan bagian-bagian rumah atau perabot sebagai unsur dekoratif. Dengan demikian, anda bisa menghemat ruang, menghindari kondisi ruangan yang terlalu sesak oleh aksesoris serta memeroleh manfaat ganda yaitu mendapat hiasan rumah sekaligus barang yang bermanfaat. Jika anda ingin rumah anda memiliki suatu tema, anda bisa dengan mudah berburu berbagai perabot dan bagian-bagian rumah yang cocok dengan tema tersebut, yang kini sudah banyak tersedia di berbagai toko perabot dan perkakas rumah baik di toko biasa maupun toko online.

Berikut adalah beberapa ide untuk mendekorasi rumah minimalis dengan menggunakan barang-barang atau elemen yang juga memiliki manfaat praktis:

  1. Pasanglah French door alias pintu yang memiliki rongga-rongga berbentuk persegi, dimana di rongga-rongga tersebut dipasang lembaran kaca. French door memberi nuansa baru pada ruangan dan dapat dipasang baik sebagai pintu tunggal maupun pintu ganda. French door juga dapat dipasang sebagai pintu dengan engsel atau pintu geser jika anda ingin kesan Timur yang kental pada dekorasi rumah.
  2. Gunakan lantai dari panel kayu sebagai ganti lantai marmer yang lazim dipasang pada rumah modern. Panel kayu cukup keras dan kuat namun sekaligus memberi kesan alami dan segar di dalam rumah.
  3. Gunakan kaca dekorasi sebagai hiasan dinding atau pembatas ruangan di rumah; kaca dekorasi cukup bervariasi dalam desainnya dan anda akan mendapat pembatas ruangan yang unik sekaligus mudah disesuaikan dengan berbagai jenis perabot. Jenis-jenis jaca dekorasi yang cocok untuk rumah modern minimalis misalnya melton glass yang memilik tekstur menonjol dan cocok untuk di kamar tidur atau kamar mandi, Lamina art glass yang berupa dua lapis kaca yang di bagian tengahnya diselipkan bunga, lukisan atau dedaunan serta sand blasting glass yang dihias dengan cara dikikis menggunakan pasir halus.
  4. Gunakan perabot kayu alami di ruang makan atau ruang tamu (bukan perabot kayu ukir berkesan mewah) sehingga memberi kesan segar dan menonjol di tengah-tengah rumah yang bergaya modern.
  5. Jika anda suka warna-warna kalem di dalam rumah seperti dinding putih atau krem, bermainlah dengan percikan warna-warna cerah pada perabot. Sebagai contoh, untuk ruang tamu yang dindingnya dicat putih dengan sofa dan lantai berwarna netral, anda bisa menggunakan bantal-bantal duduk berwarna merah cerah dengan motif yang berlainan serta kap lampu yang juga merah. Atau, anda bisa membiarkan sebuah ruangan nampak lapang dan minimalis namun memakai permadani bercorak serta cermin bergaya art deco yang unik.
  6. Gunakan foto-foto berkesan anda sebagai bagian dari elemen dekoratif di rumah minimalis. Caranya, cetak foto dengan cara-cara unik seperti foto hitam putih, atau letakkan foto-foto lama yang sudah memudar di dalam media unik; misalnya bingkai kayu kasar yang di tengah-tengahnya dipasangi kawat dimana foto-foto berukuran kecil digantung di sana, botol kaca bekas selai yang diisi minyak sayur bening sampai penuh sebelum foto dimasukkan dan botol ditutup, bahkan tali yang direntangkan di dinding dengan jepit jemuran besar.

Tags: ,

Share |

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Hei Kak, Ada yang bisa kami bantu?