Jenis Olahraga untuk Berbagai Perlombaan

December 31st, 2012 | by Penulis Artikel |

Olahraga sering dijadikan ajang perlombaan dari dulu namun hanya sedikit orang yang tertarik dengan olahraga. Pada zaman dulu olahraga dijadikan perlombaan setiap tahunnya. Di negara kita pun olahraga juga dijadikan ajang perlombaan baik dalam negeri maupun luar negeri. Seperti olahraga lari, salah satu jenis olahraga ini sering dilombakan dalam ajang perlombaan seperti olimpiade maupun ajang perlombaan olahraga lainnya. Olahraga lari sudah dijadikan salah satu olahraga yang dilombakan pada zaman dulu sehingga dalam perkembangannya olahraga ini tetap dimasukkan dalam daftar perlombaan. Di Indonesia banyak atlet lari yang berprestasi yang diikutkan dalam olimpiade. Keikutsertaan ini bisa mengharumkan naman bangsa Indonesia di kancah dunia. Banyak atlet berprestasi Indonesia yang sering memenagkan perlombaan olahraga seperti olimpiade.

Beberapa jenis olahraga yang sering dilombakan untuk olimpiade maupun perlombaan olahraga lainnya antara lain:

• Olahraga lari

Lari memang sering kita lakukan namun lomba lari berbeda dengan lari yang biasa kita lakukan. Lomba lari menitikberatkan pada kecepatan atlet untuk mencapai garis finish. Atlet melakukan gerak lari dengan kecepatan maksimal untuk mencapai garis finish dengan keahlian dan pengaturan strategi. Dari kecepatan saat di start, kecepatan memasuki garis finish dan kecepatan saat berlari sprint yang baik sangat menentukan keberhasilan mencapai garis finish dengan cepat. Untuk pelari dengan jarak 100m strategi tersbeut sangat berpengaruh bagi penilaian juri. Perlombaan lari bisa dibagi menjadi lari jarak pendek, lari jarak menengah, lari jarak panjang. Untuk lari jarak pendek jarak yang ditempuh adalah 100m sampai 400m, jarak menengah antara 800m sampai 1500m sedangkan jarah panjang atlet harus berlari antara jarah 3000 m sampai 4000m.

• Olahraga air

Jenis olahraga air ini terdiri dari menyelam, renang, dan polo air. Menyelam ini merupakan olahraga yang memadukan keindahan dengan olahraga dan keberanian seseorang. Olahraga air ini juga diikutkan dalam perlombaan olimpiade. Lain lagi dengan menyelam, renang juga disebut dengan olahraga air. Dalam perlombaan olimpiade atlet harus bisa berenang dengan cepat agar menacapai garis finish. Cabang olahraga ini banyak mencapai perkembangan hingga saat ini banyak orang yang menggemarinya. Dalam pertandingan olimpiade, jumah perenangnya tidak boleh lebih dari delapan orang. Kecepatan perenang sangat menentukan keberhasilanya. Gaya dalam renang ini biasanya adalah gaya bebas, gaaya punggung, gaya dada, dan gaya kupu-kupu. Dalam olimpiade renang indah sangat ditentukan oleh stamina atlet, kelenturan tubuh dan keanggunaannya serta cara mereka dalam mengatur pernapasan sampai garis finish. Berikutnya adalah polo air yang merupakan salah satu olahraga air, permainan ini mengharuskan pemainnya memiliki ketahanan tubuh, kemampuan mengoper dan mendrible layaknya permainan bola. Polo air juga dijasikan salah satu olarhaga dalam olimpiade baik polo wanita maupun pria.

• Olahraga atletik

Olahraga ini sama dengan olahraga lari, lompat dan lempar yang diikutkan dlam ajang perlombaan olahraga dunia atau olimpiade.

• Olahraga volley

Volley sering dilakukan banyak orang namun olahraga ini menjadi salah satu olahraga yang harus ada pada olimpiade. Di Indonesia olahraga ini cukup terkenal dan tidak sedikit atlet berprestasi Indonesia yang memenangkan perlombaan volley. Namun kadang kendala terberat pada perlombaan olimpiade ini adalah pesaing yang memiliki postur tubuh tinggi sehingga etlet kita sering mengalami kendala. Meskipun demikian para atlet tetap bisa memenangkan perlombaan dan mengharumkan nama bangsa Indonesia. Olahraga ini mengandalakan ketangkasan tangan dalam mengolah atau mengoper bola.

Tags: , , , , ,

Share |