Memikat Lebih Banyak Konsumen dengan Souvenir Perusahaan

July 3rd, 2013 | by Penulis Artikel |

Souvenir perusahaan memiliki banyak kegunaan lebih dari sekedar menunjukkan perhatian pada konsumen. Setiap benda yang anda putuskan untuk hadiahkan kepada konsumen bisa memiliki manfaat plus. Souvenir perusahaan bisa menjadi sarana promosi, sarana untuk mempertahankan loyalitas pelanggan sekaligus alat untuk menjaring konsumen baru. Dengan memberikan souvenir secara berkala atau pada kesempatan khusus, anda bisa membuat konsumen merasa diperhatikan. Atau, jika produk souvenir yang anda hadiahkan ternyata bermanfaat, konsumen akan mengasosiasikan perasaan positif itu dengan pelayanan bisnis anda dan menjadi lebih loyal. Atau, anda bisa membuat konsumen dan calon konsumen terus mengingat nama bisnis anda karena terus-menerus melihat namanya tercetak pada souvenir. Ada beragam kemungkinan yang bisa didatangkan oleh souvenir yang direncanakan dengan baik.

Sekarang, bayangkan jika anda hanya mengandalkan pemberian berupa pena murahan yang sering macet sebagai souvenir perusahaan, padahal perusahaan anda nampaknya sudah cukup berkembang, kesan yang muncul di benak konsumen pasti negatif, bukan? Jika anda ingin menjaring konsumen baru sekaligus mempertahankan yang lama, pemberian souvenir juga harus diperhitungkan secara matang. Perusahaan yang sudah berskala besar bahkan menaruh perhatian besar pada pemilihan souvenir sama besarnya seperti perhatian pada rencana pemasaran, karena tentu saja, souvenir untuk konsumen juga dianggap sebagai bagian dari rencana pemasaran.

JIka anda ingin souvenir perusahaan menjalankan fungsinya dengan baik sebagai sarana pengundang konsumen, berikut beberapa tips:

  • Berikan souvenir yang sudah pasti akan digunakan, atau memiliki kegunaan praktis. Prinsipnya, semakin sering konsumen menggunakan benda tersebut, semakin mudah ia mengingat nama perusahaan anda. Barang-barang seperti cangkir kopi, payung, notes, topi dan tas merupakan jenis barang yang umum diberikan sebagai souvenir praktis.
  • Tanamkan aspek osirinal di dalam souvenir, tetapi jangan sampai melenceng dari tujuan utama pemberiannya. Misalnya, produsen suplemen pencegah osteoporosis bisa memberikan pulpen atau notes dengan desain menyerupai bentuk tulang. Produsen jus buah memberikan souvenir gelas dengan bentuk mirip buah. Kreatifitas bisa menanamkan kesan positif di benak konsumen maupun calon konsumen.
  • Hindari memajang logo korporasi atau pesan promosi yang terlalu berlebihan pada souvenir, karena hal ini justru akan memberi kesan terlalu memaksa. Banyak konsumen yang ragu menggunakan sebuah barang souvenir dari perusahaan, karena barang tersebut membuat mereka seperti iklan berjalan. Seharusnya, nama dan semboyan perusahaan sudah cukup. Anda juga bisa membuat barang tersebut memiliki warna dominan dari logo perusahaan dan mencantumkan namanya. Atau, tergantung jenis barangnya, anda bisa mencantumkan alamat perusahaan atau nomor kontak dalam ukuran kecil saja sehingga tak menyolok (misalnya di bagian belakang notes).

Jika direncanakan dengan baik, souvenir perusahaan yang nampak sederhana sekalipun bisa mengundang konsumen baru untuk anda.

Demikian contoh artikel bisnis souvenir perusahaan cocok sekali bagi anda yang ingin memasarkan jasa pembuatan souvenir untuk perusahaan, Anda ingin memiliki artikel seperti ini untuk meningkatkan SEO & Pemasaran website Anda? Silahkan hubungi kami jasa penulisan artikel, SEKARANG!

Tags: , , ,

Share |