Menu Makanan Sehat Buat Si Kecil

December 30th, 2012 | by Penulis Artikel |

Memiliki anak yang sehat adalah dambaan bagi semua ibu. Namun ketika anak mengalami masalah seperti malas makan dan pada akhirnya mereka sakit itulah tantangan bagi anda. Makanan sehat sangat diperlukan bagi pertumbuhan anak-anak sehingga anda harus bisa memberikan menu makanan sehat setiap hari. Kebutuhan akan vitamin dan mineral bagi mereka sangat tergantung dari makanan yang nada berikan setiap harinya. Bila anda memberikan menu makanan sehat, mereka bisa tumbuh dengan sempurna dan tidak mudah sakit. Makanan sehat bukan hanya diperlukan untuk pertumbuhan anak-anak namun dari makanan sehat itu mereka bisa beraktivitas dengan lancar. Anak yang kurang gizi akan mudah terserang penyakit dan pertumbuhan mereka akan terganggu.

Makanan sehat merupakan makanan yang mengandung segala zat penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Dalam menu makanan sehat itu terkandung beragam zat makanan yang diperlukan tubuh untuk membantu proses dalam organ maupun bagian tubuh lainnya. Kebutuhan si kecil akan makanan sehat sangat tinggi. Dimasa pertumbuhannya mereka sangat membutuhkan gizi, vitamin, mineral dan zat lainnya yang dibutuhkan dalam proses pertumbuhan. Sebagai ibu anda harus bisa memberikan makanan sehat yang dibutuhkannya. Menu makanan sehat tersebut bisa anda sajikan dengan varian yang berbeda setiap hari agar anak-anak tidak bosan. Untuk menyediakan menu tersebut anda harus bisa memilih makanan sehat apa yang baik bagi mereka. Berikut beberapa bahan makanan sehat yang bisa anda pilih untuk buah hati anda:

• Sayuran

Bahan makanan satu ini banyak anda jumpai dan menjadi pilihan utama untuk menu makanan sehat anak-anak. Sayuran hijau mengandung mineral dan vitamin yang tinggi yang dibutuhkan anak-anak dan menjadi bahan dasar menu makanan sehat. Untuk menjaga kandungan gizi dan mineralnya jangan memasak sayuran terlalu lama. Anda bisa memberikan variasi menu sayuran yang berbeda setiap hari kepada anak agar mereka tidak bosan.

• Buah-buahan

Buah banyak mengandung vitamin dan mineral namun kadang anak-anak malas mengkonsumsinya karena tidak tahu manfaat dari buah-buahan tersebut. Anda bisa memberikan buah-buahan pada anak sebagai penutup dari menu makanan mereka setiap hari. Pilihlah buah-buahan segar yang dibutuhkan bagi kesehatan dan pertumbuhan anak.

• Susu

Setiap anak seharusnya mendapatkan ASI dari ibunya saat dia balita, sampai beranjak anak-anak mereka masih membutuhkan susu sebagai pendukung pertumbuhan tulang mereka. Untuk mendapatkan tulang yang sehat dan tubuh yang kuat anak-anak harus minum susu setidaknya dua gelas sehari.

• Ikan

Kandungan omega 3 pada ikan sangat baik bagi kebutuhan otak anak-anak. Anda bisa memilih salmon sebagai menu makanan sehat bagi anak untuk mendukung pertumbuhannya.

• Telur

Telur merupakan makanan yang tinggi protein sehingga berikanlah makanan ini pada menu yang anda sajikan pada anak.

Tags: , , , , , ,

Share |