Pelapis Reflecto, Hemat Listrik AC dan Ramah Lingkungan

December 29th, 2012 | by Penulis Artikel |

Munculnya tren teknologi ramah lingkungan merupakan dampak positif dari mencuatnya berita tentang pemanasan global dan dampaknya bagi banyak orang di berbagai wilayah. Mulai dari mobil yang mesinnya sangat hemat bahan bakar, panel surya yang dipasang di atap untuk mengalirkan listrik dan air di rumah, plastik yang cepat terurai hingga bola lampu yang tahan hingga bertahun-tahun lamanya. Banyak orang juga dianjurkan untuk mengurangi pemakaian beberapa jenis barang, misalnya hanya dengan menyalakan dua lampu di rumah bergantian saat malam dan mengurangi pemakaian AC, dimana yang belakangan ini sering dituduh sebagai salah satu penyebab efek rumah kaca karena membuang panas dari ruangan sekaligus matahari (apalagi jika dinyalakan berlama-lama  di siang hari). Walaupun saat ini sudah banyak produk AC yang hemat listrik, suhu udara yang makin panas terutama di negara tropis seperti Indonesia membuat banyak orang kecanduan menyalakan AC berlama-lama sehingga jargon hemat listrik dalam hal ini menjadi agak meleset.

Salah satu solusi untuk permasalahan ini tanpa harus membuat orang menyingkirkan AC mereka adalah dengan menggunakan pelapis bangunan yang sekaligus berupa insulasi untuk panas matahari. Reflecto merupakan produk pelapis tembok dan atap yang belakangan ini naik daun karena, ketika diaplikasikan pada tembok dan atap rumah, dapat mengeblok sebagian besar panas dari matahari yang masuk ke dalam rumah. Teknologi ramah lingkungan ini memang tidak dirancang untuk menyingkirkan AC, namun sangat berguna dalam hal membantu mengurangi kerja keras AC. Sebagai pembanding, AC 1PK dapat mengeluarkan daya pendingin 2,600 W, sementara kekuatan panas matahari di saat terik adalah 1,400Watt/meter persegi. Jika menggunakan Reflecto, kekuatan panas matahari ini bisa turun hingga 1,000 Watt/meter persegi sehingga sangat mengurangi kerja AC.

Apa yang dilakukan Reflecto? Sebagai pelapis insulasi panas matahari, Reflector memiliki fungsi sebagai berikut:

  1. Menurunkan suhu siang hari di dalam ruangan sebanyak 5 hingga 9 derajat Celsius pada saat matahari sedang bersinar terik, dibandingkan jika tidak menggunakan pelapis (jumlah penurunan tergantung jenis atap).
  2. Membantu mengurangi kerja keras AC; jika biasanya pada siang hari AC harus membuang panas di dalam ruangan dan dari sinar matahari, Reflecto membantu AC sehingga yang terakhir ini cukup membuang panas dari dalam ruangan saja.
  3. Membantu mengurangi pemakaian AC; pada saat-saat tertentu, anda bahkan tidak perlu menyalakan AC di siang hari karena Reflecto membuat suhu di dalam ruangan terasa lebih sejuk; jika dibandingkan, seperti jika anda berteduh di bawah pohon rindang.
  4. Untuk rumah dengan atap seng, Reflecto membantu mengurangi serangan karat dan resiko bocor (genteng seng sangat mudah berubah temperaturnya secara drastis sehingga mengalami kejutan termal sehingga mudah berlubang). Selain itu, jika hujan, pelapis ini membantu mengurangi suara berisiknya.

Selain pelapis untuk tembok dan atap, Reflecto juga memiliki produk yang disebut Reflecto Glass, solusi insulasi untuk permukaan kaca. Saat ini, Reflecto baru tersedia dalam tujuh pilihan warna yaitu putih, cokelat gelap, merah, krem, abu-abu muda, abu-abu ubin dan warna tanah (terakota). Teknologi ramah lingkungan ini sudah tersedia di Indonesia, namun untuk proses pelapisannya harus dilakukan oleh profesional karena menggunakan semprotan khusus bertekanan tinggi. Reflecto mungkin bukan teknolog yang sepenuhnya dapat menggantikan AC, namun setidaknya teknologi ini dapat membantu anda menghadapi cuaca panas sekaligus tetap menghemat energi yang digunakan untuk AC serta mengurangi pembuangan panas lewat AC anda.

Tags:

Share |