Peluang Usaha Bisnis Mutiara, Untungnya Menggiurkan

July 4th, 2013 | by Penulis Artikel |

Mutiara merupakan salah satu bahan perhiasan yang sangat digemari kaum wanita, termasuk di Indonesia. Akan tetapi, kebanyakan orang yang membeli perhiasan mutiara biasanya tidak terpikir untuk menjadi ‘bos’ dari usaha produksi mutiara. Jika anda menyukai mutiara dan ingin bisa mendapatkan manfaat lebih dari sekedar mengoleksinya mengapa tidak menjalankan bisnis mutiara?

Saat ini, belum banyak orang yang berpikir menjadikan mutiara sebagai peluang bisnis, padahal mutiara Indonesia cukup dihargai bahkan di pasar internasional. Mutiara dari peternakan-peternakan di NTB, misalnya, ternyata sangat digemari oleh pasar Eropa dan Asia seperti Jepang, Ukraina, Rumania dan Spanyol. Lagipula, masih jarangnya jumlah orang yang berbisnis mutiara (setidaknya dibandingkan emas dan perak) membuat peluang usaha bagi anda terbuka lebar.

Cara Berbisnis Mutiara

Berbisnis mutiara tidak hanya bisa dilakukan lewat menjual atau membuat perhiasan mutiara. Anda bisa memperjualbelikan mutiara asli kepada para pengrajin atau toko perhiasan, sekalipun anda tidak memiliki peternakan mutiara sendiri. Caranya tentu adalah dengan menggandeng peternak mutiara. Kebanyakan pelaku bisnis semacam ini suka menggandeng peternak dari Lombok; selain karena daerah ini terkenal dengan mutiaranya, mutiara dari peternakan di Lombok punya ciri khas yaitu warna putih susu dan putih dengan rona merah muda yang tidak terdapat pada mutiara dari daerah lain di Indonesia. Mutiara Lombok pun kini mulai dilirik oleh pasar Eropa Timur sehingga anda berpeluang membawa bisnis mutiara ke pasar internasional.

Anda juga bisa menjadi reseller alias rekan penjual dari pelaku budidaya tiram mutiara atau pemasok mutiara yang sudah mapan. Saat ini, banyak pelaku bisnis serupa yang menawarkan program reseller sehingga anda bahkan tidak perlu menyediakan mutiaranya sendiri; cukup bergabung dengan program tersebut dan anda hanya perlu mempromosikan mutiaranya kepada pihak lain, lalu kemudian anda mendapat komisi. Keuntungan bisnis mutiara pun cukup besar; mutiara air laut kualitas tinggi bisa mencapai harga 500 ribu hingga jutaan rupiah per gramnya, sementara mutiara air tawar sedikit lebih rendah.

Sebelum Terjun ke Bisnis Mutiara

Ada beberapa hal yang sebaiknya anda perhatikan sebelum terjun ke bisnis mutiara:

  1. Kenali cara membedakan mutiara air laut dan air tawar, karena harga jual keduanya berbeda. Cara mudahnya adalah dengan membakar mutiara, dimana mutiara air laut tidak akan terbakar sedangkan mutiara air tawar akan nampak terbakar sedikit (tetapi lebih baik lagi jika anda bisa mengenali mutiara tanpa harus membakarnya).
  2. Kenali juga cara membedakan mutiara asli dan palsu. Ingat, mutiara palsu belum tentu lebih pudar daripada yang asli; ada juga mutiara imitasi yang justru nampak lebih cemerlang.
  3. Kenali musim panen mutiara; jika anda memesan mutiara dari peternak tiram saat bukan musim panen, harganya akan lebih mahal.

Selamat menjajal peluang usaha mutiara.

Demikian contoh artikel bisnis Mutiara cocok sekali bagi anda pengusaha mutiara lebih-lebih bagi Anda pemilik Toko Online mutiara, Anda ingin memiliki artikel seperti ini untuk meningkatkan SEO & Pemasaran website Anda? Silahkan hubungi kami jasa penulisan artikel, SEKARANG!

Tags: ,

Share |

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Hei Kak, Ada yang bisa kami bantu?