Pentingnya Menjaga Kesehatan Mata

December 30th, 2012 | by Penulis Artikel |

Mata merupakan panca indera yang sangat peka yang harus kita jaga. Tanpa mata kita tidak bisa melihat dunia yang indah dan tidak bisa melakukan aktivitas dengan lancar. Bila mata sehat  apapun bisa dikerjakan dan begitu pentingnya kesehatan mata bagi kita terutama saat kita beraktivitas. Mata yang sehat akan mudah menerima rangsangan dari luar baik berupa cahaya maupun rangsangan lainnya. Bila mata tidak mudah menerima rangsangan cahaya dari luar, maka kita sulit untuk membedakan objek yang kita lihat. Bila mata kita mengalami masalah tentu saja penglihatan akan bermasalah juga. Menurut badan kesehatan dunia hampir di semua negara banyak penduduknya yang mengalami masalah pada mata seperti myopi bahkan kebutaan. Banyaknya gangguan mata tersebut mengingatkan kita betapa pentingnya kesehatan mata.

Mata terdiri dari beberapa bagian yang satu sama lainnya saling berinteraksi dan salaing bekerjasama. Jika lah satu bagian mata bermasalah maka bagian lainnya juga akan mengalami masalah. Bagian-bagian mata diantaranya pupil, iris, lensa, retina, kornea dan bagian lainnya yang saling melengkapi. Bagian mata seperti retina sangat peka terhadap cahaya, jika bagian ini rusak maka retina tidak dapat bekerja dengan baik sehingga tidak bisa menangkap cahaya yang masuk ke mata. Kerusakan mata yang terjadi hampir di semua negara di dunia ini karena gaya hidup manusia yang sering mengabaikan kesehatan matanya. Jutaan orang di dunia ini mengalami kebutaan tiap tahunnya dan sebenarnya kerusakan mata tersebut hampir bisa diatasi dengan mudah.

Beberapa kerusakan mata diantaranya kebutaan, mata minus, silinder, mata plus, katarak,dan beberapa kerusakan mata lainnya. Kebutaan ini disebabkan oleh degenerasi macular dan kekeruhan lensa mata. Resiko kebutaan juga bisa mengancam ibu hamil karena hormon yang tidak stabil, tekanan darah tinggi dan diabetes. Sebenarnya  penyebab kerusakan mata adalah perilaku kita sehari-hari yang sering mengabaikan kesehatan mata. Bila kita membaca dengan jarak yang terlalu dekat dan pada cahaya yang terlalu terang, hal ini juga bisa menyebabkan kerusakan pada mata. Menginga retina mata sangat peka terhadap cahaya sehingga bila cahaya yang diterima teralu terang dan terlalu gelap maka lama-kelamaan retina akan rusak.

Kerusakan mata yang dibiarkan begitu saja tanpa ada perawatan tentu saja akan berakiubat fatal seperti kebutaan bahkan kematian. Debu dan kotoran serta kilatan cahaya pengelasan listrik juga bisa mengganggu kesehatan mata. Dengan beberapa perlindungan dan perawatan mata kita bisa menghindari kerusakan mata sedari dini. Pencegahan terhadap kerusakan mata bisa dilakukan seperti dengan mengubah gaya hidup yang lebih baik. Usahakan saat berada di jalan dan resiko terkena debu anda menggunakan kaca mata untuk melindungi mata. Selain itu konsumsi makanan sehat dan buah-buahan yang mengandung vitamin A juga ngat diperlukan untuk menjaga mata tetap sehat.

Tags: , ,

Share |

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Hei Kak, Ada yang bisa kami bantu?