Perlunya Motivasi Karyawan Bagi Kemajuan Perusahaan

December 30th, 2012 | by Penulis Artikel |

Menjadi seorang karyawan kadang menyenangkan tapi tidak sedikit dari mereka yang merasa jenuh dan malas melakukan rutinitas kerjanya. Malas bekerja merupakan hal yang wajar bagi karyawan. Ketika mereka malas bekerja mereka hal ini bukanlah fenomena yang aneh. Jika karyawan malas bekerja mereka perlu motivasi karyawan tidak bisa menjalankan perkerjaan dengan baik dan perusahaan bisa merugi. Kemalasan pada karyawan bisa mengancam karier mereka karena pimpinan tidak hanya member peringatan namun mereka memberikan penilaian terhadap setiap karyawan. Karyawan kadang merasa mereka tidak mampu menjalankan pekerjaannya dengan baik sehingga mereka merasa minder dan malas bekerja. Hal inilah yang menjadi masalah serius dalam perusahaan.

Motivasi karyawan merupakan suatu bentuk dorongan kepada karyawan untuk bangkit dari kemalasan dan hal negatif lainnya. Kemalasan karyawan karena masalah yang timbul pada diri mereka baik intern maupun ekstern. Masalah intern bisa terjadi ketika mereka merasa bosan menjalankan tugas yang itu-itu saja tanpa ada variasi pekerjaan. Jika kemalasan bekerja itu timbul mereka bisa seenaknya mengerjakan pekerjaan bahkan tidak mau menjalankan tugasnya. Kemalasan yang memuncak akan melemahkan pikiran mereka untuk tidak bekerja pada tempat tersebut. Motivasi karyawan harus ditanamkan pada karyawan sebelum mereka berada di puncak kemalasan. Selain faktor tersebut, beratnya beban pekerjaan yang diterima karyawan menyebabkan rasa tidak percaya diri dan akhhhirnya mereka malas mengerjakannya.

Untuk mencegah karyawan malas bekerja diperlukan motivasi karyawan agar mereka bisa bangkit dan timbul rasa percaya diri. Untuk mengatasi hal ini seharusnya pimpinan bisa memahami apa yang karyawan butuhkan dan seberapa besar kemampuan mereka dalam menjalankan pekerjaan. Beberapa cara untuk memotivasi karyawan diantaranya:

• Kemampuan karyawan

Anda sebagai pemimpin harus mengetahui kemampuan karyawan anda. Ketika anda memberikan pekerjaan yang jauh di atas kemampuannya tentu saja mereka tidak mampu. Meskipun tidak mampu mereka tetap menerima pekerjaan tersebut namun mereka tidak dapat mengerjakan tugasnya dengan baik. Sebaiknya anda sebagai pimpinan harus memahami kemampuan setiap karyawan sehingga anda bisa memilih pekerjaan mana yang cocok bagi mereka.

• Komunikasi yang baik

Komunikasi yang baik antara karyawan dan pimpinan bisa menimbulkan rasa saling membutuhkan dan menghikangkan jurang pemisah antara karyawan dan majikan. Seharusnya pimpinan bisa menjadi teman bagi karyawannya. Komunikasi yang baik antara karyawan dan pimpinan bisa menjadi motivasi terbaik. Dengan komunikasi tersebut karyawan merasa dihargai dan diperlukan oleh pimpinan.

• Penghargaan pada karyawan

Sebagai pimpinan anda bisa memberikan penghargaan pada karyawan yang memiliki prestasi baik sehingga mereka bisa memotivasi diri untuk bekerja lebih baik lagi. Namun bila anda sebagai pimpinan acuh terhadap karyawan dan tidak menghargai pekerjaan mereka, karyawan juga malas dengan pekerjaannya karena sebagai manusia mereka juga butuh dihargai dan disanjung.

• Evaluasi diri karyawan

Anda sebagai karyawan bisa introspeksi diri mengapa anda malas bekerja dan bila anda menemukan permasalahannya anda bisa memperbaiki dan mencari jalan terbaik untuk permasalahan anda. Jika anda malas karena posisi kerja yang anda miliki saat ini, mintalah pimpinan untuk mengganti posisi yang lain yang kiranya anda merasa nyaman.

• Training motivasi

Training untuk motivasi karyawan bisa menjadi pilihan pimpinan agar semua karyawan bisa memiliki kepercayaan diri. Kepercayaan diri inilah yang menjadi dasar bagi mereka untuk bekerja lebih baik dan berfikir positif. Inilah yang harus dilakukan oleh pimpinan untuk melawan rasa malas bekerja karyawannya.

Tags: , ,

Share |