Sukses Menyusun Blog Bisnis: Tips Memesan Jenis Artikel Blog dari Penulis Freelance

February 14th, 2013 | by Penulis Artikel |

Bagi pemilik bisnis online yang memiliki blog sebagai sarana pemasaran dan penjualan produknya, jasa penulis artikel online yang berkualitas menjadi hal yang paling diburu. Karena jasa penulis online saat ini sangat melimpah, anda bisa dengan mudah menemukan satu atau dua yang cukup memiliki kualitas untuk memberi anda materi tulisan yang bisa mendukung bisnis. Akan tetapi, anda harus ingat bahwa mutu isi blog anda secara keseluruhan bukan hanya bergantung pada si penulis, melainkan juga kemampuan anda sendiri dalam hal memesan materi yang diinginkan.

Ketika anda memesan artikel kepada sebuah jasa penulis online, anda akan diminta untuk memberikan rincian artikel tersebut sebagai bahan bagi si penulis untuk bekerja, misalnya judul, kata kunci yang diinginkan, tema, sumber referensi yang harus digunakan (jika ada), model tulisan dan sebagainya. Di sinilah anda harus benar-benar memikirkan rincian artikel blog macam apa yang anda inginkan. Kadang-kadang, ada pemilik blog yang merasa kurang puas dengan artikel yang diterimanya; bukan karena si penulis memiliki kemampuan yang kurang memadai, melainkan karena kurangnya rincian informasi yang diterimanya sesuai keinginan si pemesan. Memang tidak ada ketentuan khusus dalam membuat sebuah blog, namun semakin baik struktur dan penggarapan sebuah blog, semakin populer blog tersebut.

Jika anda ingin memulai sebuah blog bisnis dan ingin memesan materinya dari jasa penulis freelance atau online, berikut beberapa tips untuk dipertimbangkan sebelum memesan:

  • Jika anda punya ide bagus untuk judul artikel, jangan ragu menyampaikannya saat menulis rincian pemesanan artikel. Anda mungkin bisa meminta jasa penulis tersebut untuk membuat judul dengan cara tertentu yang dapat menarik minat calon pembaca blog anda, misalnya judul yang diawali kata-kata : “The Most…,” judul yang ‘langsung tembak’ seperti “Tips Membuat….” Atau “Tips Membuka…,” judul yang menyebut nama merk barang serta merinci manfaatnya secara singkat, dan sebagainya. Siapa tahu, ide anda mungkin lebih bagus daripada judul pemberian si penulis karena andalah yang paling memahami keunggulan produk anda.
  • Saat merinci bentuk artikel yang ingin dipesan, pastikan anda memberikan gambaran tentang struktur artikel tersebut secara detail jika ada ketentuan khusus. Jika blog anda merupakan sarana pemasaran sebuah produk seperti obat herbal dari buah naga, anda bisa memberi rincian singkat untuk menjadi panduan penulis seperti “artikel…kata terdiri dari pendahuluan (manfaat buah naga secara umum), isi (manfaat obat herbal dari buah naga), penutup (ajakan untuk membeli obat herbal buah naga merk…). Susunan artikel blog yang dijelaskan barusan juga merupakan susunan standar yang disarankan para ahli pemasaran online dan situs internet untuk artikel blog.
  • Jika anda ingin artikel anda disisipi kata kunci, usahakan anda memilih kata kunci utama yang bagus dan bisa cukup representatif serta menggambarkan apa yang memang anda ingin tawarkan lewat blog tersebut. Ingat, sebuah jasa penulis online hanya menerima instruksi yang anda berikan dalam hal menulis artikel pesanan; selain itu, para penulis ini hanya harus memikirkan tentang membuat konten orisinal dengan struktur bahasa yang bagus, pemilihan kosakata yang tepat dan tanpa melakukan penjiplakan. Salah satu tips membuat kata kunci utama yang baik adalah dengan menggunakan frase dan bukan kata. Sebagai contoh, jika anda memiliki bisnis penawaran paket investasi pohon jati, jangan memberikan instruksi kata kunci utama yang hanya terdiri dari “investasi,” “pohon,” dan “jati.” Sebaliknya, berikan kata kunci seperti “investasi jati” atau “bisnis pohon jati.”
  • Saat memesan paket artikel yang jumlahnya lebih dari satu, usahakan anda memberikan instruksi jelas untuk jasa penulis freelance bahwa anda menginginkan tiap artikel anda memiliki pembahasan berbeda-beda atau setidaknya bervariasi, walaupun pada intinya semua artikel tersebut tetap menawarkan produk atau jasa yang sama sesuai merk anda. Dalam sebuah blog, variasi artikel yang tetap mengarah ke sebuah peningkatan imaji merk (brand image) lebih baik daripada artikel yang isinya monoton walaupun kata-kata yang digunakan berbeda.
  • Akhirnya, jangan lupa untuk menekankan aspek manfaat dalam isi blog anda. Usahakan setiap ide artikel anda memiliki aspek manfaat untuk para pembaca walaupun isinya tetaplah promosi, sebagai bagian dari strategi soft selling. Selipkan permintaan untuk memberikan tips-tips yang berkaitan dengan produk anda ketika memesan paket artikel.

Mencari jasa penulis online yang berkualitas bisa diusahakan, namun anda juga harus tetap bekerjasama dengan penulis yang anda sewa dengan cara memberikan rincian permintaan penulisan artikel blog yang baik. Dengan demikian, artikel blog bisnis anda pun akan lebih berkualitas serta lebih sesuai dengan keinginan dan blog anda akan lebih populer serta menarik lebih banyak pengunjung.

Tags: , ,

Share |