Sumber Protein untuk Kesehatan Wanita Hamil

December 29th, 2012 | by Penulis Artikel |

Protein merupakan salah satu substansi terpenting yang wajib dikonsumsi oleh wanita hamil. Berbagai tips kesehatan wanita yang terpercaya akan memberitahu bahwa protein tidak hanya menunjang kesehatan si ibu secara umum namun juga mendukung perkembangan bayi di dalam kandungannya. Protein sangat penting sebagai asupan untuk perkembangan otak janin pada trimester pertama serta perkembangan organ-organ penting dan anggota badan di trimester kedua dan ketiga. Bahkan ketika seorang wanita hamil merasa mual dan mengalami penurunan nafsu makan di masa-masa awal kehamilannya, ia tetap harus memastikan bahwa makanan yang dikonsumsinya mengandung cukup banyak protein. Sumber-sumber protein tersebut bisa berasal dari sumber hewani dan nabati, walau banyak ahli kesehatan yang menganjurkan untuk sedikit lebih memperbanyak asupan kedelai.

Cara Menyelipkan Asupan Protein Setiap Hari

Untuk mudahnya, tiap kali seorang wanita hamil makan, ia harus menyertakan satu hingga dua potong sumber protein seperti tempe, tahu, telur dan daging ikan. Akan tetapi, jika anda sedang hamil dan benar-benar ingin memerhatikan asupan protein, berikut beberapa cara ampuh untuk menyelipkan asupan protein yang cukup baik lewat menu harian maupun cemilan:

1. Kacang-kacangan

Mudah didapat dan lezat, kacang-kacangan apapun mengandung protein dan Omega 3 yang bermanfaat bagi perkembangan otak janin. Berbagai tips kesehatan wanita juga menyarankan kacang-kacangan sebagai alternatif cemilan dan penahan lapar yang cukup efektif tanpa menimbulkan kegemukan. Secangkir kacang tanah rebus, kacang almond panggang atau kacang kedelai rebus sudah mengandung hampir 20 gram protein.

2. Kraker dan keju

Paduan klasik ini sangat cocok sebagai cemilan maupun penahan lapar jika anda sedang susah makan. Kraker tawar yang dipadukan dengan keju lembaran mengandung lebih dari 7 gram protein.

3. Yogurt tawar

Secangkir yogurt tawar tanpa gula dan pemanis apa-apa bisa mengandung hingga 14 gram protein. Jika anda ingin yogurt anda lebih berasa, makanlah dalam keadaan dingin dan campur dengan potongan buah serta remukan kacang.

4. Dada ayam

Sepotong dada ayam tanpa kulit tidak hanya menjadi lauk yang memuaskan namun juga menambah rasa nikmat saat anda makan. 100 gram daging ayam yang kulit dan lemaknya sudah disingkirkan bisa mengandung 33 gram protein. Daging ayam ini sebaiknya dimasak dengan cara direbus atau dipanggang. Kalaupun digoreng, coba gunakan sedikit saja minyak atau pakai minyak yang lebih sehat seperti minyak sayuran atau minyak biji bunga matahari.

5. Tahu dan tempe

Sangat mudah didapat dan diolah, tahu dan tempe adalah sumber protein yang cukup kaya dan bila berpasangan dapat menjadi lauk super bergizi. Tempe bakar bahkan dapat dijadikan alternatif sarapan bersama segelas susu untuk ibu hamil.

Semoga tips kesehatan wanita hamil ini dapat membantu anda menemukan ide-ide untuk menyelipkan berbagai sumber protein ke menu harian.

Tags: , ,

Share |