Teknologi Deteksi Kanker Paru-paru Terbaru

December 29th, 2012 | by Penulis Artikel |

Kanker paru-paru merupakan salah satu penyakit yang berada di jajaran penyakit yang paling banyak membunuh, baik itu di negara maju atau berkembang. Tambahan lagi, banyak orang yang baru mengetahui dirinya menderita kanker paru-paru ketika penyakit tersebut sudah berada di stadium tinggi; entah karena tidak memahami tanda-tandanya, tidak memiliki uang untuk memeriksakan ke dokter atau malah sudah memeriksakan diri namun tidak mendapatkan hasil tes yang akurat sehingga akhirnya terpaksa menjalani prosedur pemindahan sampel jaringan atau biopsi. Kemajuan teknologi kedokteran kini sudah mulai mengantisipasi sulitnya mendeteksi kanker paru-paru bahkan di stadium awal dengan menggunakan alat yang bisa mendeteksi kanker hanya dari perubahan kimiawi yang muncul dalam napas pasien. Alat pendeteksi kanker melalui napas yang saat ini sedang menjalani uji klinis dan penyempurnaan adalah Metabolomx.

Tes Non Invasif, Akurat Nyaris 100%

Matabolomx adalah model awal alat deteksi kanker paru-paru yang diciptakan oleh para peneliti di California. Walaupun masih berupa model awal yang harus melalui uji klinis, sang CEO Paul Rhodes menyatakan bahwa alat ini akan memiliki tingkat keakuratan yang hampir 100% namun dengan metode deteksi yang lebih nyaman dan non invasif bagi pasien. Teknologi terbaru ini didasarkan pada fakta bahwa jaringan kanker dan tumor yang terbentuk di paru-paru akan membuat napas sang pasien terpengaruh oleh hasil metabolisme sel-sel kanker tersebut, sedemikian rupa sehingga anjing pelacak pun bisa mengendusnya. Berdasarkan hal ini, Metabolomx dibuat agar dokter bisa membantu pasien mendeteksi kemungkinan adanya kanker di paru-parunya dengan cara yang lebih nyaman, tanpa harus mengandalkan tes yang kurang akurat atau biopsi. Walaupun baru terkenal, kalangan peneliti medis di Amerika Serikat sebenarnya telah berusaha mengembangkan alat ini selama bertahun-tahun, namun mereka masih harus menemukan cara untuk membuat alat ini lebih mudah digunakan, praktis dan bisa diterapkan langsung saat pasien sedang berbaring di ranjang rumah  sakit.

Prospek Metabolomx dan Deteksi Kanker Lain

Jika hasil uji klinis dan penyempurnaan Metabolomx benar-benar berhasil serta bisa diproduksi besar-besaran, Paul Rhodes berencana mengembangkan alat yang sama untuk mendeteksi kanker jenis lain seperti kanker usus besar, dan setelahnya mungkin jenis-jenis kanker lainnya. Walaupun beberapa jenis kanker memang masih terhitung sebagai pembunuh berbahaya kendati kemajuan teknologi kedokteran sudah sangat pesat, Paul Rhodes dan timnya berharap agar penemuan ini dapat setidaknya membantu lebih banyak orang untuk bisa mendeteksi potensi perkembangan kanker yang ada di dalam tubuh mereka ketika masih di tingkat belum terlalu parah. Lebih baik lagi, diharapkan alat ini dapat menjadi mesin yang bisa diproduksi masal dan dapat diedarkan ke berbagai rumah sakit di dunia, bukan hanya di Amerika.

Tags: ,

Share |