Tips Agar Investasi Saham Menguntungkan dan Tetap Aman

December 29th, 2012 | by Penulis Artikel |

Saham mungkin bukan jenis investasi yang digemari semua orang; investasi ini dianggap terlalu beresiko dan rumit, yang mana memang benar jika dilakukan oleh orang yang belum berpengalaman. Selain membutuhkan modal besar, permainan saham membutuhkan kejelian untuk membaca pasar dan menentukan saham macam apa yang sebaiknya dibeli, berapa banyak serta kapan sebaiknya menjualnya. Hal ini membuat saham kurang menguntungkan untuk investasi jangka pendek, namun bisa sangat menguntungkan untuk jangka panjang. Idealnya, keuntungan dari sebuah saham biasanya bisa baru bisa diambil paling tidak antara 6 hingga 12 bulan setelah dibeli, tergantung situasi dan kondisi.

Jika anda baru pertama kali mencoba berinvestasi pada saham, berikut beberapa tips umum agar saham anda menjadi investasi menguntungkan namun tetap aman.

Persiapkan Diri Anda Semaksimal Mungkin

Jika anda memutuskan untuk bermain saham, jangan hanya mengandalkan jasa broker atau situs investasi saham. Bekali diri anda dengan wawasan luas mengenai dunia saham dan bertanya pada mereka yang sudah lebih dulu melakukannya. Perhatikan baik-baik reputasi perusahaan yang sahamnya anda beli, dan jangan lupa mempertimbangkan untung ruginya (termasuk alokasi dana investasi dan dana anggaran belanja yang anda punya).

Jangan Terjebak Saham Murah

Mendapatkan saham murah memang sangat menguntungkan, terutama jika nilai saham tersebut diperkirakan dapat naik pesat beberapa tahun kemudian. Akan tetapi, jika anda menemukan perusahaan yang menjual saham dengan harga terlalu murah, waspadalah karena siapa tahu itu perusahaan bermasalah.

Alokasikan Dana Investasi

Telitilah beberapa alternatif pasar bursa lalu bagi-bagi dana investasi anda ke dalam beberapa jenis investasi. Hal ini untuk berjaga-jaga kalau-kalau salah satu investasi tersebut tidak menguntungkan; jika hal itu terjadi, anda masih akan punya payung cadangan. Mula-mula, ambillah investasi berjangka satu atau dua tahun, baru kemudian dilanjutkan dengan investasi berjangka lima hingga sepuluh tahun.

Hati-hati Memilih Broker

Sebelum anda memutuskan memilih broker, telitilah dulu reputasi dan latar belakang broker tersebut. Jika perlu, pergilah ke forum investor dan diskusikan nama broker tersebut serta minta referensi dari mereka yang sudah sering bermain saham sebelumnya.

Rajin Mengikuti Berita

Kedaan suatu perusahaan yang sahamnya anda miliki dapat terpengaruh oleh berbagai situasi ekonomi, finansial, sosial bahkan politik. Rajin-rajinlah mengikuti siaran berita terutama yang disinyalir bisa berpengaruh pada kondisi saham anda, agar anda bisa mengambil langkah tepat terhadap saham tersebut.

Akhirnya, walaupun sebuah bentuk investasi mempromosikan dirinya sebagai investasi menguntungkan, yang namanya menginvestasikan uang tetap memiliki resiko. Jangan lupa untuk selalu menyediakan dana cadangan untuk berjaga-jaga jika investasi anda gagal dan mengalokasikan dana pribadi dengan baik sebelum dan selama anda menunggu hasil investasi bisa dipetik.

Tags: , , , ,

Share |

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Hei Kak, Ada yang bisa kami bantu?