Tips Agar Networking anda Sukses

February 9th, 2013 | by Penulis Artikel |

Jaman sekarang, melakukan networking dalam dunia kerja sangat mudah dan tidak melulu terjadi dalam konteks tatap muka secara langsung. Jejaring sosial dan situs networking seperti Linkedin memberi anda kesempatan untuk melalukan networking secara lebih mudah. Akan tetapi, percuma saja memiliki fasilitas networking canggih jika anda tidak menerapkan cara dan etika networking yang benar. Bukannya memeroleh kemudahan, anda justru mendapat setumpuk kontak yang walaupun banyak, ternyata tidak terlalu bermanfaat untuk anda.

Bagaimana caranya agar proses networking sukses? Berikut beberapa hal yang sebaiknya anda terapkan agar proses networking anda membawa manfaat untuk anda ke depannya.

1. Jangan hanya memanfaatkan networking sebagai sarana cari kerja.

Harus diakui, salah satu tujuan orang melakukan networking adalah ingin mencari kerja atau kesempatan pengembangan karir. Hanya saja, jika anda sekedar menghubungi daftar network anda untuk menanyakan ada tidaknya lowongan kerja, jangan heran jika daftar kontak anda akhirnya mengering karena anda hanya sesekali menghubungi mereka untuk mencari pekerjaan. Hal ini juga kemungkinan bisa membuat beberapa kontak anda merasa dimanfaatkan.

2. Jangan meremehkan calon kontak.

Anda mendapat kartu nama atau alamat email seseorang di lingkungan pekerjaan anda, namun anda menganggap remeh kontak tersebut dan menyingkirkannya dari data networking anda, karena anda anggap tidak akan potensial? Jangan buru-buru memutuskan demikian, karena siapa tahu kontak tersebut bisa membantu anda di masa depan dengan cara yang tidak anda bayangkan.

3. Rajin berinteraksi dengan kontak di daftar networking.

Anda mungkin tipe orang yang lebih suka melakukan semua sendiri dan tidak begitu suka bersosialisasi, namun jangan biarkan para kontak di jaringan network anda menganggur karena ini. Cobalah sesekali melakukan kontak dengan network anda, untuk sekedar menyapa sekaligus secara halus memberitahu mereka bahwa anda merasa mereka berharga ‘lebih’ dari sekedar kontak yang hanya dihubungi jika anda butuh bantuan. Anda bisa mengirim ucapan selamat di hari-hari besar, hari ulang tahun perusahaan atau berkomentar jika ada berita baik atau buruk dari network anda; hal-hal seperti itu bisa dilihat di jejaring sosial.

4. Saling membantu dalam networking.

Anda pasti akan senang jika ada kontak networking anda yang bisa membantu anda untuk suatu hal, bukan? Hal yang sama pun berlaku sebaliknya; jangan segan untuk membantu kontak anda jika anda tahu mereka membutuhkan bantuan atau informasi penting yang sekiranya bisa anda berikan.

5. Jangan lupakan etika berinteraksi.

Hal ini sudah sering disampaikan dalam berbagai pelajaran budi pekerti bahkan sejak anda kecil: jangan lupa menerapkan etika berinteraksi bahkan seandainya anda melakukan kontak dengan anggota networking anda hanya lewat internet atau telepon. Jangan lupa menyapa dengan ramah atau dengan kata-kata yang sopan, apalagi jika kontak networking anda ada yang jauh lebih tua dari anda. Pastikan anda tidak ‘menodong’ saat meminta bantuan secara spesifik kepada satu kontak dan ucapkan terima kasih tidak peduli apakah anda mendapat bantuan yang anda harapkan atau tidak. Jika perlu, kirim surat ucapan terima kasih secara khusus pada kontak yang benar-benar telah sangat membantu anda.

Anda belum tentu akan langsung berhasil dalam hal mencari kerja atau meningkatkan karir hanya dengan memiliki network, akan tetapi, anda bisa meningkatkan tingkat kesuksesan tersebut jika anda menerapkan cara-cara yang baik dalam hal membina hubungan networking.

Tags: , , , , ,

Share |