Tips Belanja Makanan Sehat di Swalayan

January 12th, 2013 | by Penulis Artikel |

Bagi tiap wanita, kegiatan belanja makanan menjadi rutinitas yang harus dilakukan apapun pekerjaan dan kegiatan mereka. Sulitnya, jika anda seorang yang sangat sibuk dan tinggal sendiri, anda bisa jadi cenderung berbelanja makanan tanpa memikirkan efek jangka panjangnya (yang penting makan!). Berbagai tips wanita yang berkaitan tentang makanan selalu menyarankan agar anda membeli bahan makanan di pasar tradisional atau di toko yang banyak menjual bahan makanan organik, tetapi bagaimana jika anda benar-benar hanya punya akses ke swalayan biasa di dekat tempat tinggal anda?

Berikut adalah beberapa tips belanja pilihan sehat untuk makanan sehari-hari jika anda pergi ke swalayan:

  • Belilah dada ayam atau filet ikan segar yang sudah dikemas sehingga anda tinggal memakai bumbu siap saji untuk memasaknya. Dada ayam yang sudah dibuang kulit dan lemaknya serta filet ikan apapun asal masih segar merupakan sumber protein yang tinggi dan mudah dimasak dengan cara yang simpel.
  • Telur. Pilihan ini jelas; telur dapat diolah dengan beragam cara dan mengandung protein tinggi. Plus, telur sangat bergizi untuk sarapan terutama jika anda tipe yang lebih suka menu praktis untuk makan pagi. Sesekali, cobalah membeli telur yang diperkaya Omega 3 jika ada.
  • Yogurt. Ini adalah pilihan snack sehat yang segar dan bisa dikonsumsi kapanpun anda mau tanpa takut gemuk, asalkan yogurtnya bukan yang mengandung banyak gula dan pewarna buatan. Tipsnya, beli yogurt putih biasa tanpa tambahan gula dan dimakan dengan campuran buah segar atau remukan kacang.
  • Paprika. Sayuran ini rasanya unik dan bisa dimasak dengan bermacam cara, misalnya dicampurkan ke dalam tumisan dan nasi goreng atau dijadikan isian sandwich. Selain mengandung vitamin A dan E, paprika juga ternyata mengandung lebih banyak vitamin C daripada jeruk.
  • Apapun yang berlabel whole wheat (jika terbuat dari gandum), misalnya roti, pasta atau kraker pengganjal saat anda ingin ngemil di kantor. Makanan sumber karbohidrat jauh lebih baik jika dipilih dari yang pemrosesannya tidak terlalu rumit karena mengandung lebih banyak serat.
  • Teh hijau adalah pilihan populer untuk tips belanja sehat merupakan pilihan yang lebih baik ketimbang soda atau kopi kemasan plus gula. Kandungan antioksidan dan vitamin C-nya yang tinggi sangat bermanfaat untuk menangkal radikal bebas, menjaga kesehatan kulit serta menurunkan kolesterol. Manfaat ekstra: kantong teh hijau bekas diseduh bisa dijadikan pengompres mata sembab.

Tags: , , , ,

Share |