Tips Manajemen Waktu untuk Orang Tua Pekerja Karir

February 9th, 2013 | by Penulis Artikel |

Jika anda adalah orang tua dengan anak-anak kecil sekaligus seorang pekerja karir, anda membutuhkan manajemen aktifitas yang teliti agar tidak kewalahan mengatur pekerjaan sekaligus urusan rumah tangga (apalagi jika anda orang tua tunggal). Anda yang berada di posisi ini pastinya sering merasa bahwa waktu berjalan begitu cepat, bahkan terlalu cepat sehingga anda merasa tidak punya banyak waktu untuk beristirahat. Tahukah anda bahwa terkadang masalahnya bukanlah karena anda punya terlalu banyak pekerjaan? Bisa jadi, kerepotan yang anda alami pada satu hari atau minggu karena anda kurang bisa mengatur waktu dengan baik. Tidak bisa dipungkiri bahwa menjadi orang tua sekaligus pemilik sebuah karir adalah pekerjaan yang berat, namun jika anda bisa mengatur waktu dengan baik, paling tidak akan ada saat-saat dimana anda bisa sedikit bernapas lega karena bisa beristirahat.

Berikut adalah beberapa tips manajemen waktu untuk mengatur aktifitas rumah tangga dan pekerjaan anda:

1. Lakukan pendelegasian tugas

Anda harus tahu mana pekerjaan yang harus anda lakukan sendiri dan mana yang bisa anda delegasikan ke orang lain dengan tetap bertanggungjawab. Jika anda tipe pengatur yang merasa lebih lega jika melakukan sesuatu sendiri, saatnya melepas kebiasaan tersebut. Di rumah, buat perjanjian pembagian tugas dengan anggota keluarga. Misalnya anak anda yang sudah agak besar bisa membantu mengemas bekal makanan untuknya dan adiknya, atau suami bisa bergantian mengerjakan beberapa tugas rumah tangga. Hal yang sama pun berlaku di kantor, terutama jika anda berada di posisi dimana anda memiliki staf.

2. Atur menu dan waktu belanja

Aktifitas belanja makanan untuk di rumah tanpa sadar bisa cukup memakan waktu jika tidak ditangani dengan baik. Anda bisa melakukan manajemen waktu yang baik dengan cara merencanakan menu untuk seminggu dan kemudian berbelanja untuk satu minggu itu. Khusus untuk stok barang yang sering dipakai seperti susu anak, gula, kopi atau teh dan sabun mandi, anda sebaiknya beli agak banyak sekali belanja agar tidak tahu-tahu kehabisan.

3. Efektifkan waktu membuka email dan menjelajah internet

Jika anda termasuk sering menjelajah internet untuk urusan pekerjaan serta membuka email, anda bisa jadi menggunakan cara-cara yang kurang efisien sehingga menghabiskan banyak waktu. Untuk mencegah kerepotan, anda bisa melakukan cara-cara ini: buatlah agar halaman email utama atau situs yang sering anda kunjungi menjadi halaman pertama di browser anda. Tetapkan jangka waktu khusus untuk membuka dan membalas email, misalnya 20 menit di pagi hari dan 10 menit di malam hari. Pasang filter spam yang bagus dan hindari membuka halaman Facebook atau Twitter anda di saat bekerja kecuali jika akun itu memang dibuka untuk pekerjaan.

4. Buat jadwal menonton TV yang ketat

TV merupakan alat yang bisa membuat siapapun ketagihan untuk menghabiskan dua, tiga bahkan empat jam tidak produktif di depannya. Orang pun cenderung sulit beranjak dari depan TV jika sudah duduk menonton, padahal acara yang ditonton belum tentu disukai. Agar waktu anda tidak habis hanya untuk TV, buatlah jadwal yang isinya acara-acara yang memang anda sangat ingin tonton, lalu turuti jadwal itu.

Dengan melakukan manajemen waktu secara efektif, anda sebagai orang tua pekerja mungkin masih akan kerepotan, namun kerepotan tersebut bisa anda atur dengan baik sehingga tidak membuat anda kelelahan atau merasa kehabisan waktu untuk menyelesaikan pekerjaan dan mengurus keluarga.

Tags: ,

Share |

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Hei Kak, Ada yang bisa kami bantu?