Tips Memilih Baju Batik

December 30th, 2012 | by Penulis Artikel |

Bila anda penggemar baju terutama baju batik tentu sebelum anda membeli baju tersebut anda kan mempertimbangkan beberapa hal. Baju batik dulunya hanya dipakai oleh kalangan atas saja dalam beberapa acara penting. Saat ini anda bisa menggunakan baju tersebut dimana saja dan dalam kesempatan apapun. Namun banyak orang yang salah memilih baju batik yang akan mereka kenakan. Pemahaman seseorang tentang motif dan bahan baju tersebut masih kurang sehingga banyak yang kecewa setelah membelinya. Kwalitas dari bahan baju batik kadang tidak sama satu sama lainnya sehingga kadang baru dipakai dua atau tiga kali saja baju tersebut sudah kusam. Ada juga baju batik yang dicuci luntur dan merusak baju yang lain.

Baju batik merupakan baju yang terbuat dari kain yang telah ditulisi atau diukir gambar dengan motif berbeda-beda. Batik di Indonesia dikenal berkwalitas baik dan digemari banyak orang termasuk wisatawan luar negeri. Pewarnaan kain pada baju batik adalah dengan menggunakan malam. Degan tampilan dan modifikasi model terkini batik bisa disulap menjadi pakaian dalam berbagai situasi mulai dari busana santai, busana malam, busana pesta sampai busana kerja atau busana muslim batik. Cukup banyak model baju batik saat ini dan semuanya didesain sesuai selera konsumen yang tidak ketinggalan zaman.

Banyak pilihan baju batik yang dipasarkan saat ini sehingga orang bingung memilih baju batik yang benar-benar baik dan berkwalitas. Jika anda bingung menentukan baju batik yang tepat  berikut beberapa tips memilih baju batik:

  • Warna

Anda bisa memilih baju batik yang selaras dengan warna kulit anda, jika warna kulit annnda putih atau kuning langsat anda bisa memilih baju batik dengan warna apa saja. Jika anda memiliki kulit hitam pilihlah baju batik dengan warna yang tidak membuat kulit anda tambah hitam. Warna baju yang serasi dengan warna kulit memberi  kesan cantik pada diri anda.

  • Kwalitas

Anda bisa memilih baju batik dengan kwalitas terbaik dengan perbandingan harga yang tidak murahan. Harga batik yang terlalu murah cenderung memiliki kwalitas rendah disbandingkan batik dengan harga diatasnya.

  • Model

Untuk model dari baju batik anda bisa menyesuaikan dengan postur tubuh anda. Bila anda bertubuh langsing, model baju batik apapun akan cocok anda kenakan. Namun bila anda memiliki  bentuk tubuh yang gendut, anda bisa memilih model baju batik yang memberi  kesan lebih langsing. Demikian juga ddengan anda yang bertubuh kurus pilihlah model baju yang memberi kesan lebih gemuk.

  • Motif

Motif dari baju batik saat ini sangat beragam sehingga nada bisa memilih motif yang sesuai dengan keinginan. Pilihlah motif batik yang simple sehingga member kesan lembut saat anda memakainya. Motif batik biasanya disesuaikan dengan kebutuhan pemakai seperti motif yang cocok saat bekerja, saat bersantai sampai motif yang sedikit  berani.

  • Kebutuhan

Bila anda ingin membeli suatu barang tentu anda memikirkan untuk apa barang tersebut anda beli. Demikian juga dengan baju batik, anda bisa menyesuaikan kebutuhan anda membeli batik tersebut, apakah dipakai untuk bekerja, santai, acara resmi ataupun acara lainnya. Memilih baju batik sesuai kebutuhan bisa mengurangi biaya pembelian.

  • Harga

Kadang orang berfikiran jika barang dengan harga yang mahal itu pasti bagus, namun tidak semua harga mahal itu berkwalitas. Harga murah pun juga bisa berkwalitas namun anda harus teliti saat anda benar-benar ingin membeli baju batik tersebut.

Tags: , , , ,

Share |