Tips Memilih Keyword SEO sebelum Memesan Artikel dari Jasa Penulis Artikel

February 14th, 2013 | by Penulis Artikel |

Kata kunci alias keyword memegang peranan penting dalam bisnis online; anda bisa melihat contoh populernya dari Google yang bisa menangguk keuntungan hingga 25 milyar Dolar dari bisnis yang berhubungan dengan keyword. Hal yang sama pun berlaku bagi anda yang memesan jasa penulis artikel untuk situs atau blog bisnis; memilih kata kunci yang baik sangat penting agar artikel yang sudah jadi tidak hanya menarik namun juga bisa membantu blog atau situs anda untuk menjadi populer dan terdeteksi dengan mudah oleh mesin-mesin pencari populer seperti Google dan Bing. Kata kunci yang bagus tidak hanya potensial bagi anda yang menjalaskan bisnis PPC (Paid Per Click) tetapi juga bisa membuat situs anda populer dan demikian berpotensi meningkatkan reputasi, jumlah calon pelanggan serta keuntungan.

Ketika anda memesan artikel dari sebuah jasa penulis artikel online, anda harus mengikutsertakan rincian sebagai panduan bagi para penulis untuk membuat artikel yang sesuai dengan keinginan anda, termasuk kata kunci. Anda memang bisa menyerahkan urusan pemilihan kata kunci pada pihak jasa penulis asalkan anda memberikan sumber materinya, namun alangkah baiknya jika anda sejak awal memilih kata kunci anda sendiri. Hal ini karena andalah yang paling memahami rincian bisnis atau layanan jasa anda, sehingga anda tentunya adalah yang paling tahu bagaimana memilih kata kunci efektif untuk mewakili bisnis anda di ranah online.

Berikut adalah beberapa tips untuk memilih keyword alias kata kunci efektif dari Michael Mothner, CEO perusahaan konsultasi SEO di Los Angeles Wpromote, yang dapat anda manfaatkan saat membuat rincian artikel pesanan untuk sebuah jasa penulisan artikel.

Gunakan Frase sebagai Bentuk Kata Kunci Utama

Sebagai ahli SEO, Mothner menjabarkan tentang perkembangan jenis-jenis kata kunci yang dianggap populer dan akurat, dimana istilah yang lebih tepat seharusnya adalah keyphrase alias frase utama. Menurutnya, kata-kata tunggal merupakan kata kunci yang buruk karena kurang mewakili apa yang anda jual. Sebagai contoh, jika anda berbisnis jual susu kambing organik, kata-kata “susu” dan “kambing” saja tidak cukup sebagai kata kunci. “Susu kambing” akan lebih akurat, apalagi jika spesifik seperti “susu kambing organik” karena ini melambangkan pasaran yang lebih spesifik. Jadikan frase kunci ini sebagai ‘kata kunci’ utama saat anda memesan artikel, dan gunakan saja kata-kata tunggal seperti “susu” sebagai kata kunci sekunder.

Pilih Frase Spesifik

Jika anda berbisnis mebel dan ingin memasarkan produk anda ke luar negeri, anda mungkin berpikir bahwa kata kunci “Indonesian furniture” merupakan frase yang cocok sebagai kunci. Kenyataannya, frase tersebut masih terlalu generik karena ada banyak perusahaan mebel Indonesia lain yang memasarkan produk mereka ke luar negeri sehingga persaingan anda dalam merebut tempat populer di Google pasti akan tinggi. Sebaiknya, ketika memesan kata kunci ke jasa penulis artikel, gunakan frase yang spesifik dan benar-benar membidik produk anda. Contohnya, jika produk mebel anda utamanya terbuat dari rotan, anda bisa membuat frase kunci “Indonesian rattan furniture.” Frase ini spesifik dan tingkat persaingannya cukup rendah dibandingkan jika anda hanya menulis “Indonesian furniture” atau “rattan furniture.”

Variasikan Kata atau Frase Kunci

Secara umum, frase kunci yang bervariasi tetapi masih satu tema lebih baik daripada frase kunci yang asal berbeda susunan katanya. Sebagai contoh, ketika anda membuat rincian kata kunci untuk diberikan pada sebuah jasa penulisan artikel tentang produk obat herbal dari kulit manggis, ada baiknya anda menggunakan variasi kata kunci seperti “obat herbal kulit manggis,” “manfaat kulit manggis sebagai obat” dan “kandungan kulit manggis” ketimbang “obat herbal kulit manggis” dan “obat herbal kulit manggis online.” Contoh pertama menunjukkan variasi konten, sementara contoh kedua agak monoton karena pada dasarnya mengindikasikan hal yang sama. Tentu saja, hal ini harus disesuaikan dengan konten situs anda. Jika isi konten situs tidak ada yang mengandung pembahasan tentang manfaat kulit manggis secara khusus, jangan memaksa menggunakannya. Idealnya, ketiga frase kunci berbeda ini sebaiknya dibuat ke dalam artikel terpisah agar anda bisa masukkan di halaman yang berbeda dengan tagging sesuai.

Ciptakan Strategi dalam Membuat Rincian Konten

Para penulis artikel hanya bekerja berdasarkan petunjuk dari pelanggan, jadi anda harus benar-benar menggunakan strategi dalam memilih kata kunci yang tepat maupun membentuk konten situs atau blog dengan tema yang berkembang sekaligus konsisten. Usahakan agar situs atau blog anda tidak memiliki konten yang monoton dan terkesan diulang-ulang karena akan membuat situs anda tidak populer dalam jangka panjang. Rajin-rajinlah membuka wawasan untuk menemukan ide-ide baru yang bermanfaat serta variasi kata kunci yang beragam, yang kemudian bisa anda sampaikan kepada jasa penulis artikel untuk dibuatkan artikelnya, agar situs atau blog anda bisa semakin banyak mendapat pengunjung dan memiliki reputasi menonjol di dunia maya.

Tags: , ,

Share |