Tips Memilih Perusahaan Asuransi yang Aman dan Bermanfaat

July 4th, 2013 | by Penulis Artikel |

Asuransi jiwa merupakan salah satu kebutuhan hidup masyarakat modern yang semakin peduli pada aspek perlindungan resiko hidup, terutama bagi mereka yang memiliki tanggungan dan menjadi pencari nafkah utama untuk pihak-pihak yang ditanggung tersebut (misalnya istri dan anak). Bayangkan jika anda adalah pencari nafkah utama di rumah, namun kemudian anda mengalami kejadian tak terduga seperti kecelakaan atau terserang penyakit yang membuat anda tak lagi bisa mencari nafkah, keluarga anda pasti akan mengalami kesulitan. Akan tetapi, mengapa masih banyak masyarakat Indonesia yang tidak ingin mengambil asuransi?

Salah satu penyebab orang ragu mengambil program asuransi adalah biaya premi yang memang bisa cukup mencekik. Akhirnya, banyak orang berpikir bahwa lebih baik menggunakan uang untuk keperluan lain ketimbang membayar premi untuk payung resiko yang tidak diketahui kapan datangnya. Sebaliknya, mereka yang ingin mengambil program asuransi murah takut mengalami kejadian tak enak, misalnya tertipu atau dipersulit saat hendak mengambil klaim.

Jika anda tahu triknya, anda tidak perlu takut mengalami kesulitan atau bahkan tertipu saat hendak mengambil program asuransi. Berikut beberapa tips bermanfaat untuk mendapatkan perlindungan asuransi secara aman:

  • Pilihlah program asuransi sesuai kebutuhan utama anda. Karena program asuransi ada bermacam-macam, anda sebaiknya memilih yang paling bisa melindungi kebutuhan anda yang terbesar (terutama bila anda hanya bisa ikut satu). Misalnya, jika anda menginginkan proteksi untuk pihak yang anda nafkahi, ambillah asuransi jiwa. Jika anda memikirkan soal biaya kuliah anak di masa depan, ambillah asuransi pendidikan. Jika anda lajang namun tidak ingin mengalami masa pensiun yang sulit, dana pensiun bisa menjadi pilihan.
  • Jangan mengikuti program asuransi lewat penawaran di telepon. Saat ini, model bisnis penawaran asuransi lewat telemarketer memang sedang marak, namun mendaftarkan diri dengan cara ini sangat tidak disarankan. Asuransi merupakan program proteksi berjangka panjang dan tiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda, sehingga anda harus berkonsultasi langsung dengan konsultan asuransi dan meneliti terlebih dahulu jenis-jenis program yang ditawarkan plus keuntungan serta kerugiannya untuk anda sendiri.
  • Kenali jenis asuransi terutama yang terkait jangka waktunya. Ada asuransi yang memberi jaminan seumur hidup dengan bonus dividen, namun preminya cukup mahal. Ada asuransi berjangka yang preminya terjangkau, namun uang tidak bisa ditarik jika tidak ada klaim sampai waktu yang ditentukan. Ada juga asuransi yang bisa berfungsi sebagai tabungan, namun preminya paling mahal dibandingkan jenis lainnya.

Akhirnya, pilihlah perusahaan asuransi yang sudah punya nama dan terpercaya. Jangan asal memilih penyedia layanan asuransi, apalagi hanya dengan alasan lemah seperti premi murah. Lebih baik anda sedikit bersusah-payah melakukan survey daripada terjebak perusahaan kacangan yang kelak menolak klaim anda dengan alasan tak masuk akal atau malah menipu.

Demikian contoh artikel bisnis Asuransi cocok sekali bagi anda agent asuransi yang ingin meningkatkan jumlah nasabah Anda secara online, Anda ingin memiliki artikel seperti ini untuk meningkatkan SEO & Pemasaran website Anda? Silahkan hubungi kami jasa penulisan artikel, SEKARANG!

Tags: , , ,

Share |