Tips Menjaga kesehatan mata

December 30th, 2012 | by Penulis Artikel |

Begitu artinya mata bagi anda dan begitu mudahnya mata mengalami kerusakan saat anda malas menjaganya. Mata adalah bagian dari kehidupan kita yang sangat berguna dan tanpa mata anda tidak bisa menikmati keindahan dunia ini. Mata begitu penting bagi anda dan semua aktivitas bisa lancar saat mata bisa berfungsi dengan baik. Ketika salah satu mata mengalami kerusakan tentu saja anda tidak bisa beraktifitas dengan baik. Begitu pentingnya mata seningga sebisa mungkin anda harus bisa menjaga kesehatan mata tersebut. Banyak orang mengalami masalah pada mata mereka hingga mereka buta dan mengalami masalah mata yang fatal. Tentu anda tidak menginginkan hal tersebut terjadi pada diri anda maupun keluarga anda.

Beberapa kerusakan mata yang sering dialami oleh banyak orang dikarenakan beberapa hal seperti dibawah ini:

• Perilaku yang salah

Jika anda sering membaca dengan jarak yang terlalu dekat dan dengan sinar lampu atau cahaya yang terlalu terang atau terlalu redup, ternyata kebiasaan ini sangat berpengaruh pada kesehatan mata anda. Jika anda terus melakukan kebiasaan ini mata lama-kelamaan akan lelah dan rusak.

• Debu dan kotoran

Berhati-hatilah dengan debu atau kotoran yang sering menyerang anda sat anda berkendara atau beraktivitas. Kotoran dan debu ini jika masuk ke dalam mata akan mengganggu mata anda dan jika dibiarkan mata bisa mengalami masalah seperti mata merah, mata bengkak, dan masalah mata lainnya.

• Cahaya radiasi ultraviolet

Jika anda bekerja yang berhubungan dengan listrik, cahaya dari radiasi sinar ultraviolet listrik ini bisa merusak mata anda. Lama kelamaan radiasi ini akan merusak mata jika anda tidak waspada.

• Kekurangan vitamin

Vitamin A sangat diperlukan untuk menunjang kesehatan mata anda, sehingga sebisa mungkin anda bisa mencukupi kebutuhan vitamin tersebut.

• Faktor keturunan

Faktor turunan kerusakan mata memang sedikit persentasenya namun hal ini juga sering dialami orang walaupun hanya beberapa saja.

Beberapa penyebab kerusakan mata tersebut bisa mengakibatkan penyakit mata seperti katarak, rabun jauh, rabun dekat, bahkan kebutaan. Namun anda bisa mencegah kerusakan mata tersebut dengan beberapa cara agar mata tetap sehat dan tidak rusak. Kerusakan salah satu bagian dari mata anda akan berakibat fatal bagi mata anda. Untuk menjaga kesehatan mata berikiu tips menjaga kesehatan mata yang bisa anda coba:

• Bila anda membaca usahakan bahwa jarak baca dengan mata anda tidak terlalu dekat dan juga tidak terlalu jauh. Demikian juga dengan cahaya yang anda terima, jangan membaca pada cahaya terlalu terang dan juga cahaya terlalu redup.

• Bila anda sering berada di luar rumah gunakanlah kaca mata atau payung untuk menghindari cahaya sinar matahari langsung dan juga menghindari masuknya debu dan kotoran.

• Kompreslah mata dengan mentimun beberapa menit untuk merilekskan mata anda setelah lama bekerja.

• Berhenti merokok

Merokok memang tidak baik bagi kesehatan bahkan merokok sangat menggangu kesehatan mata anda. Menutut pakar kesehatan, merokok bisa mengakibatkan katarak dan beberapa penyakit mata lainnya. Karena itulah anda sebisa mungkin harus menghentikan kebiasaan merokok agar mata tidak mengalami kerusakan.

• Nutrisi yang cukup untuk mata

Mata juga sama dengan bagian tubuh yang lain yang membutuhkan nutrisi dan beberapa zat lain untuk bisa bekerja optimal sehingga anda bisa memenuhi kebutuhan mata anda dengan mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran bergizi yang banyak mengandung vitamin.

 

Tags: ,

Share |