Tips Penulis Artikel: Menghasilkan Tulisan Berkualitas (Bagian 1)

June 26th, 2011 | by Penulis Artikel |

Menghasilkan karya yang original, menarik, update dan informatif merupakan impian semua penulis artikel. Pada dasarnya semua orang bisa menulis, namun tidak semuanya memiliki kemampuan untuk membuat orang lain tertarik untuk membaca artikel yang telah ditulisnya, dan merasa mendapatkan sesuatu yang bermanfaat setelah membaca artikel tersebut. Oleh karenanya sebagai penulis artikel, adalah hal yang sangat penting untuk mengetahui bagaimana cara penulisan artikel yang efektif sehingga informasi yang ingin disampaikan bisa tepat sasaran dan berguna.

Hal-hal berikut mungkin bisa dicoba oleh siapa saja yang merasa menjadi penulis artikel:

Pemilihan Tema

Tema adalah inti dari artikel. Tema ini bertujuan untuk memberikan problem solving dari apa yang dialami oleh si penulis artikel itu sendiri atau pembaca. Bisa juga tema ini bertujuan untuk memberikan inspirasi. Sebaiknya seorang penulis artikel memiliki informasi yang memadai atas bidang yang dipilih menjadi tema tulisannya. Penulis artikel tidak harus menjadi seorang yang expert, namun seseorang yang menuliskan sesuatu berdasar apa yang pernah dialami dan dia memang mengetahui bidang tersebut, akan memberikan hasil yang jauh lebih baik dan lebih bisa diterima oleh pembaca daripada mereka yang hanya sekedar menyalin informasi dari search engine seperti Google atau Bing.

Jika ketika keinginan menulis itu ada namun belum menemukan atau mendapatkan inspirasi mengenai tema yang menarik, seorang penulis artikel bisa mendatangkan ide menulisnya dengan membaca koran atau majalah, mengamati sekitar, mengunjungi forum atau melalui obrolan yang dilakukan dengan orang lain. Biasanya hal-hal itu akan membantu memuluskan jalan datangnya ide tentang tema ke pikiran.

Lakukan Riset Jika Perlu

Riset ini diperlukan untuk mendukung kesimpulan sementara yang telah dimiliki oleh si penulis artikel dan bisa digunakan sebagai tambahan data. Kebanyakan orang akan lebih mudah untuk mempercayai sesuatu jika ada dukungan data secara tertulis, dibanding dengan yang tidak berdata. Riset bisa dapat dilakukan dengan mengumpulkan informasi yang diperoleh dari internet, buku dan sumber yang lainnya, atau dengan mengadakan riset sendiri di lapangan.

Memaksimalkan Kegunaan Keyword

Salah satu target lain dari penulisan artikel adalah bagaimana caranya agar artikel yang telah ditulis oleh penulis artikel bisa dengan mudah ditemukan di mesin pencarian (search engine). Tidak semua orang memahami dan mengetahui cara untuk melakukan hal ini. Search engine Optimization (SEO) merupakan sebuah proses yang dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan visibilitas sebuah website atau halaman web melalui hasil pencarian yang “natural”. SEO termasuk dalam salah satu cara yang digunakan sebagai strategy marketing untuk meningkatkan jumlah visitor yang berkunjung ke sebuah website dan berujung pada tujuan untuk memperkenalkan perusahaan, bisnis, produk dan jasa yang dimiliki oleh pemilik website tersebut sehingga bisa meningkatkan penjualan.

Memanfaatkan penulis artikel yang bisa dengan mudah ditemukan di internet, merupakan salah satu cara mempraktekkan stratregy marketing. Biasanya pihak yang menawarkan jasa penulisan artikel telah memahami seluk beluk artikel marketing dan sekelumit cara untuk memaksimalkan keberadaan artikel marketing itu sendiri.

Tags: , ,

Share |

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Hei Kak, Ada yang bisa kami bantu?