Tips Penulis Artikel: Menghasilkan Tulisan Berkualitas (Bagian 2)

June 26th, 2011 | by Penulis Artikel |

Seperti yang kami jelaskan pada postingan sebelumnya mengenai “Tips menulis artikel berkualitas Bag I”, ternyata banyak faktor lain yang menentukan keberhasilan anda dalam menulis artikel. Dengan artikel yang berkualitas, anda dapat menciptakan komunikasi yang interaktif dengan pembaca dan akhirnya calon konsumen anda tertarik dengan produk dan jasa yang sedang anda tawarkan. Nah selain tips-tips pada postingan sebelumnya  ada beberapa tips lain yang bisa anda terapkan untuk mendapatkan hasil tulisan yang bermutu tinggi, yaitu:

Sita Perhatian Pembaca

Artikel yang ditulis sebagaimana seorang penulis artikel menuturkan sesuatu secara langsung kepada pembacanya akan lebih menarik untuk disimak daripada artikel yang dituliskan secara dokumenter. Membuat pembaca menyelesaikan apa yang telah dibacanya hingga akhir bukanlah hal yang mudah, penulis artikel harus memiliki cara untuk menarik perhatian pembacanya.

Menulis Lagi dan Lagi

Menulis merupakan sebuah keahlian, meskipun semua orang bisa menulis namun tidak semuanya bisa menghasilkan tulisan yang baik. Keahlian adalah sesuatu yang tidak datang dengan sendirinya, namun perlu diasah dan dikembangkan melalui praktek. Hanya ada satu cara untuk mengasah keahlian dalam menulis yakni terus menulis, lagi dan lagi. Semakin banyak menulis, maka akan semakin banyak pengalaman yang diperoleh oleh penulis artikel, yang akan membuatnya semakin peka terhadap apa yang layak dituliskan dan apa yang kurang layak, pemilihan kosa kata yang tepat, alur yang digunakan, dan sebagainya.

Untuk mendapatkan tulisan yang baik, juga harus didukung oleh hal-hal lainnya. Penulis artikel harus bisa memilih waktu ketika pikirannya produktif untuk menulis. Beberapa orang penuilis artikel maupun penulis buku menyatakan bahwa malam hari, ketika ketenangan didapatkan, adalah waktu yang produktif. Namun sebagian lainnya tidak memiliki masalah baik siang maupun malam. Faktor tempat juga bisa mempengaruhi produktifitas dalam menulis. Pilihlah tempat yang nyaman, kedai kopi misalnya. Selain mendapatkan tempat nyaman yang disediakan oleh pemilik kedai, kopi yang biasanya digunakan sebagai “dopping” penulis untuk mendapatkan ide, di kedai kopi juga seringkali dilengkapi dengan fasilitas free wi-fi untuk melakukan browsing dalam mencari ide ataupun untuk mengobati rasa jenuh ketika lelah menulis.

Membaca Secara Rutin

Penulis artikel yang hebat adalah pembaca yang rajin. Semakin banyak penulis artikel membaca, semakin banyak referensi dan informasi yang didapatkan, misalnya berupa gaya penulisan, penuturan atau plot, dan pemilihan kata. Membaca merupakan salah satu cara untuk menstimulasi pikiran untuk terus menulis. Jika Anda tidak mempercayai hal ini, coba jadikan membaca sebagai kebiasaan dan lihatlah peningkatan performa Anda dalam menulis.

Penggunaan Bahasa yang Baik.

Penulis artikel yang berpengalaman dan mengikrarkan dirinya sebagai penulis artikel profesional, haruslah memperhatikan detail tulisannya sendiri dan artikel yang dituliskannya harus bebas dari typo dan error. Sebagus apapun isi dari sebuah artikel, namun apabila ada kesalahan penulisan di dalamnya, maka akan mengurangi tingkat kesempurnaan artikel tersebut dan mengesankan bahwa penulis artikelnya kurang profesional dan kurang teliti.
Sebelum artikel dipublikasikan, maka sudah menjadi kewajiban penulis artikel untuk memeriksa kembali artikelnya, baik dari sisi penulisan dan maupun pemilihan kata. Sebaiknya kata yang digunakan adalah kata yang mudah untuk dipahami oleh pembaca yang datangnya dari berbagai kalangan. Bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti, lebih dihargai oleh pembaca karena memudahkan mereka dalam mencerna apa yang mereka baca.

Gunakan juga alur penulisan artikel yang jelas dan berkelanjutan, selesaikan dulu satu bahasan dan kemudian baru dilanjutkan ke bahasan berikutnya. Hindari penulisan dengan alur yang loncat-loncat, dari bahasan pertama ke bahasan ketiga dan kembali lagi ke bahasan pertama misalnya. Penuturan seperti ini akan membuat pembaca merasa terganggu.

Semoga Bermanfaat :).

Tags: , , ,

Share |