Tips Perawatan Harian untuk Rambut Keriting Panjang

December 29th, 2012 | by Penulis Artikel |

Wanita Indonesia yang memiliki rambut panjang biasanya senang meluruskan rambut mereka agar nampak lebih ‘melayang,’ memberi kesan lembut dan memudahkan dalam proses perawatan rambut. Selain itu, rambut lurus juga dianggap sebagai model yang paling disukai, sehingga mereka yang berambut keriting alami pun ikut meluruskan rambut mereka. Padahal, rambut keriting pun memiliki pesona dan keunikannya sendiri serta bisa memberi anda penampilan yang berbeda, unik dan terkesan sedikit liar, apalagi jika rambut anda juga panjang. Akan tetapi, memang harus diakui bahwa rambut yang keriting lebih sulit untuk diurus jika panjang ketimbang rambut lurus, apalagi kalau sudah menyangkut perawatan harian atau jika anda sedang mengalami bad hair day.

Jika anda ingin bergaya dengan rambut keriting yang panjang, berikut adalah beberapa tips perawatan rambut harian yang bisa anda terapkan agar rambut keriting selalu indah, kuat dan lebih mudah diatur:

  1. Jangan terlalu sering keramas dengan sampo melainkan cukup seminggu sekali, kecuali anda memang baru habis beraktifitas yang mengakibatkan rambut anda sangat kotor dan basah karena keringat. Pasalnya, sampo dapat ‘merampok’ kelembaban alami rambut dan membuatnya makin sulit ditata. Jika anda tidak sering berkeringat, keramaslah dengan sampo seminggu sekali saja, tetapi anda bisa keramas di lain hari dengan hanya menggunakan kondisioner (tanpa sampo).
  2. Jika anda sering keluar rumah atau punya masalah rambut kering, belilah produk pelembab rambut yang bisa dioleskan langsung tanpa harus dibilas (leave on conditioner) agar rambut anda tetap lembab seharian. Ada beberapa merk sampo ternama yang juga memiliki produk ini dan dapat anda temukan di berbagai toko.
  3. Gunakan sisir bergigi jarang untuk menyisir dan hindari mengeringkan rambut dengan menggunakan pengering rambut atau menggosoknya keras-keras menggunakan handuk.
  4. Sesekali, aplikasikan tonik rambut pada kulit kepala anda, terutama yang mengandung nutrisi untuk menguatkan rambut seperti ginseng. Hal ini untuk memastikan rambut anda tumbuh sehat dan tidak  mudah rontok.
  5. Jangan tidur sambil mengikat rambut dan usahakan selalu bersisir sebelum anda tidur. Ketika anda berbaring, keluarkan rambut dari bawah kepala anda hingga tersebar di atas bantal dan tidak tertindih kepala serta tubuh bagian atas saat anda tidur.

Walaupun anda rutin melakukan perawatan rambut, ada kalanya rambut keriting akan mengalami kekusutan. Jika anda ingin mengurai kekusutan ini, pertama keramaslah dengan memakai kondisioner lalu biarkan rambut kering secara alami. Ketika rambut masih setengah basah, mulailah mengurai kekusutan dengan sisir bergigi jarang. Pisahkan rambut anda menjadi dua bagian, lalu mulai dari satu bagian dulu. Mulailah dari mengurai kekusutan di bagian bawah menggunakan sisir sebelum pelan-pelan mulai naik.

Tags: , , ,

Share |