Wisata Solo untuk Liburan Akhir Tahun

December 31st, 2012 | by Penulis Artikel |

Pergantian tahun adalah hal yang sangat dinanti-nanti semua orang. Pergantian tahun ini adalah awal dari rencana seseorang untuk mencapai kesuksesan yang lebih laik dari tahun sebelumnya. Banyak orang memilih menghabiskan akhir tahun mereka untuk berwisata di beberapa tempat wisata di Indonesia. Salah satu tempat wisata yang menarik dari dulu hingga sekarang adalah wisata Solo. Solo merupakan tempat di Jawa Tengah yang memiliki budaya nasional tinggi yang sampai sekarang tetap dilestarikan walaupun perkembangan zaman bisa mengubah peradaban manusia. Wisata Solo menjadi salah satu tempat favorit wisatawan baik dalam negeri maupun luar negeri. Dengan beberapa suguhan tempat wisata di sana anda bisa menikmati peradaban bangsa yang masih kental dan tidak berubah sampai kapanpun.

Solo merupakan tempat yang menarik di Jawa Tengah yang cocok untuk tujuan wisata anda saat akhir pekan maupun akhir tahun. Kota solo yang sering disebut sebagai kota Surakarta ini merupakan kota yang tenang dengan segala kenikmatan kuliner yang khas dan enak serta harga yang sangat terjangkau. Sebagai salah satu tujuan wisata, wisata Solo selalu ramai ketika hari libur sekolah tiba. Tak hanya itu wisata solo ternyata selalu menjadi tujuan wisataawan luar negeri karena mereka ingin membeli beberapa souvenier terkenal di sana. Beberapa tempat wisata di Solo yang bisa anda kunjungi diantaranya:

• Kampung batik Kauman

Ini adalah tempat wisata favorit bagi wisatawan dalam maupun luar negeri karena di tempat ini anda bisa membeli batik khas Solo yang indah dan berkwalitas. Di kampung ini rata-rata penjualnya membuat batik itu sendiri dnegan keahlian yang dimiliki. Mereka banyak berasal dari abdi dalem keraton. Untuk penjual di kampung batik Kauman sedikit jika dibandingkan dengan Laweyan. Haga batik di tempat ini adalah harga pas yang sulit ditawar oleh pembelinya.

• Keraton Surakarta Hadiningrat

Tempat tujuan wisata Solo ini berada di dekat alun-alun yang merupakan istana dari Kasunanan Surakarta. Anda bisa melihat bangunan yang megah dengan beberapa ciri khas dari keraton ini yang tidak ditempukan pada bangunan lainnya di Indonesia. Di sana banyak pemandu wisata yang menawarkan jasa untuk memandu anda melihat keraton dan anda hanya membayar mereka sekirat sepuluh ribu rupiah saja.

• Pasar Klewer

Dari namanya saja cukup unik dan pasar ini merupakan tujuan wisata Solo bagi semua orang. Pasar ini terdiri dari dua lantai yang sudah direnovasi oleh pemerintah sehingga banyak penjual disana yang menawarkan berbagai barang kepada wisatawan. Sebagai pasar batik terbesar di Indonesia, anda bisa membeli berbagai batik terkenal khas Solo di sana. Di pasar ini anda bia membeli batik dari harga belasan ribu hingga batik yang dibandrol dengan harga jutaan rupiah. Kwalitas batik yang dijual juga beragam dan anda bisa memilihnya sesuai dengan budget anda. Bebagai batik dijual di lorong-lorong pasar ini seperti jenis kebaya, daster, pakaian anak-anak, blouse cantik, maupun kaos batik. Sebenarnya bukan hanya batik Solo yang dijual di pasar Klewer, namun batik Madura, Pekalongan dan beberapa batik lainnya juga bisa anda temukan di pasar ini.

Beberapa tempat wisata tersebut adalah salah satu wisata Solo yang bisa anda kunjungi untuk tujuan akhir tahun. Selain beberapa pilihan lokasi wisata di sna juga menawarkan kuliner yang enak dank has serta harga yang relatif murah.

Tags: , , , , , ,

Share |